Airnav Indonesia Sumbang Anakan Produktif

berbagi di:
foto-hal-13-tanam-pohon-kab-kupang

Direktur Keuangan Airnav Indonesia Inroyono bersama Kepala Staf Brigadir Infanteri Brigif 21 Komodo Kabupaten Kupang, Agus Setiandar menanam anakan produktif di Desa Camplong, Kecamatan Fatuleu, Kamis (27/6). Foto: Alfret Otu/Vn

 
Alfred Otu

Lembaga penyelenggara pelayanan Navigasi penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav Indonesia memberikan anakan produktif kepada Brigif 21 Komodo Kabupaten Kupang pada Kamis (27/6), guna menghijaukan lingkungan Kabupaten Kupang serta membangun hubungan baik dan mitra kerjasama dengan berbagai agenda dan program kerja lain yang akan diluncurkan.

Direktur Keuangan Airnav Indonesia Inroyono menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Satuan Brigif 21 Komodo Kabupaten Kupang karena telah membangun relasi dengan pihaknya sebagai mitra dan memberi mereka kesempatan untuk mengunjungi NTT khususnya Kabupaten kupang dengan membawa salah satu program yakni pembinaan lingkungan hijau.

Ia mengakui program pembinaan lingkungan hijau hadir untuk Negeri Indonesia dan salah satunya di bagian Timur Kabupaten Kupang.

“Pada kesempatan ini kami sendiri memberikan tanaman-tanaman yang produktif yang bisa bermanfaat bagi lingkungan yang ada di Kabupaten Kupang,” ungkapnya.

Inroyono mengatakan, kegiatan penanaman pohon sangat membantu percepatan penghijaun di Pulau Timor.

“Saya kenal NTT dengan sebutan negeri karang namun ketika saya berada di atas pesawat dan hampir mendarat saya melihat NTT sangatlah indah dan memiliki potensi pariwisata yang luar biasa,” ungkapnya.

Ia membenarkan kunjungan tersebut bukanlah kunjungan akhir melainkan adalah kunjungan perdana sekaligus membuka pintu persahabatan yang akan terus bekerja sama membina hubungan baik tidak hanya pada pembinaan lingkungan hijau tetapi juga pada bidang atau sektor-sektor yang lain.

Ia menjelaskan dalam pembinaan lingkungan hijau tersebut ditanami dengan beberapa anakan seperti anakan cendana sebanyak 100 pohon, anakan mahoni sebanyak 700, anakan jeruk 300 pohon dan anakan klengkeng 200 pohon.
Terkait kerja sama ke depan, ia menjelaskan akan mengadakan diskusi kembali terkait pembinaan lingkungan yang akan terus berlanjut. Selain itu juga akan membahas program-program kerja lainnya yang akan dibangun atau dilaksanakan di Kabupaten Kupang.

Sementara General Manager Airnave Cabang Kupang Zainal Ismail mengatakan selain memberikan anakan produktif, Airnav Indonesuan juga memberi sumbangan senilai Rp 50 juta.

Kepala Staf Brigadir Infanteri Brigif 21 Komodo Kabupaten Kupang, Agus Setiandar menyatakan optimismenya lewat penanaman anakan pohon tersebut akan memicu pertumbuhan lingkungan yang hijau serta memicu meningkatnya kadar oksigen.

Ia mengungkapkan penanam pohon sangat berarti sekali karena NTT dipenuhi dengan karang dan hanya ditumbuhi dengan pohon-pohon tertentu saja dan pohon-pohon tersebut juga tidak lain adalah campur tangan manusia sehingga untuk mempercepat lingkungan yang asri dan hijau dilakukan penanaman pohon yang harus terus menerus.

Ia mengakui penanaman pohon membantu percepatan penghijaun di Pulau Timor yang dikenal gersang. Selain menanam pohon juga untuk menghijaukan kembali lingkungan yang berangsur-angsur tidak bersahabat karena pengaruh berbagai faktor seperti salah satu contohnya adalah pembangunan yang terjadi dimana-mana dan menebang banyak pohon.

Ia berharap kerjasama kegiatan terus berlanjut karena kerjasama tersebut memberikan manfaat yang besar bagi publik dan tidak hanya untuk TNI yang ada di Brigif 21 Komodo, tetapi untuk semua elemen.

Disaksikan VN dalam kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan dana pemberdayaan dari Direktur Keuangan Airnav Indonesia Inroyono kepada Kepala Staf Brigadir Infanteri Brigif 21 Komodo Kabupaten Kupang, Agus Setiandar sebesar Rp 50 juta kemudian dilanjutkan dengan penanam pohon dan diakhiri dengan ramah tamah. (mg-07/S-1).