Alfamart Datang, Masyarakat Masih Nyaman Dengan Toko Lokal

berbagi di:
img-20191127-wa0023

Foto: Putra Bali Mula/VN

 

 

Putra Bali Mula

Sejumlah gerai Alfamart sudah dibuka dan hampir ada di seluruh kecamatan di Kota Kupang namun sejumlah masyarakat mengaku masih tertarik berbelanja di kios atau toko konvensional.

Kehadiran Alfamart sebagai retail modern di Kota Kupang dalam sebulan belakangan dinilai oleh beberapa masyarakat belum memberi daya pikat lebih.

Lita, seorang wanita yang ditemui VN pada Selasa (27/11) di bilangan BTN Kolhua, menilai salah satu gerai Alfamart yang hadir di wilayah tersebut tidak banyak dikunjungi sehari-hari.

“Paling yang mampir itu orang pakai mobil, beberapa saja dan tidak terlalu banyak,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan kesannya saat pertama kali mengunjungi gerai tersebut. Menurutnya, suasana Alfamart nyaman dan bersih namun pelayanan masih terasa kaku. Selain itu, kata dia, harganya tidak jauh berbeda atau bisa lebih mahal beberapa ratus rupiah dengan barang di kios dan toko.

img-20191127-wa0022

Pantauan VN pada Sabtu (23/11) dan Minggu (24/11), Alfamart yang berada di seberang Gereja GMIT Jemaat Kaisarea BTN Kolhua memang kurang dikunjungi daripada beberapa toko yang berderet tidak jauh di lokasi tersebut.

Masyarakat sekitar paling banyak berbelanja di Toko Hasan yang berjejeran dengan beberapa toko-toko lain seperti Toko Naga Mas, Cahaya BTN, dan Tirta Mas.

Begitu pun dengan beberapa gerai Alfamart lainnya seperti di Jalan Timor Raya yang belum menunjukkan taji lebih dibanding Toko Dutalia dan beberapa toko lainnya di bilangan tersebut.

Salah satu pemilik kios yang mengaku bernama Arif menyampaikan bahwa dirinya lebih mengkhawatirkan penambahan jumlah kios yang berderet di seputaran Jalan Timor Raya menuju Pulau Indah.

“Sama saja, sekarang juga kios yang ada dimana-mana, ini sepanjang jalan ini kios berjejer, baku menghadap, kadang juga sepi ya sepi seperti ini,” ujarnya.

Intensitas pengunjung yang lumayan banyak di beberapa hari tersebut ada pada gerai Alfamart di Pulau Indah yang memang berderet dengan toko material dan warung makan. Tampak parkirannya diiisi oleh lima sampai enam kendaraan baik motor dan mobil beberapa waktu.

Sementara Alfamart Tofa Amabi juga memiliki pandangan serupa dikarenakan di lokasi gerai tersebut terdapat sejumlah mesin ATM.

Namun, pada beberapa bursa kerja, Alfamart masih membuka rekruitmen untuk penempatan tenaga kerja di NTT khususnya di Labuan Bajo dan Maumere. (bev/ol)