Ampera MBD Kupang Gelar Pelatihan Jurnalistik

berbagi di:
img-20200926-wa0003

 

Pemred Victory News, Stevie Johannis (kiri menghadap lensa) sedang membawakan materi dalam kegiatan pelatihan jurnalistik yang digelar Ampera-MBD Kupang, Sabtu (26/9). Foto:Kekson Salukh/vn.

 

 

Kekson Salukh

 

ASOSIASI mahasiswa perjuangan rakyat Maluku Barat Daya (Ampera-MBD) Kupang menggelar pelatihan jurnalistik, Sabtu, (26/9) di aula Home Stay Tunas Muda Yunior Lasiana.

Pelatihan jurnalistik dengan tema “Mengembangkan Lemampuan Jurnalistik Mahasiswa Maluku Barat Daya” itu menghadirkan pemimpin redaksi surat kabar harian umum Victory News, Stevie Johannis sebagai pemateri.

Kabid Litbang Ampera MBD Kupang, Henci Agifila Pitna yang diwawancarai VN mengatakan, Ampera MBD Kupang dalam eksistensinya sebagai organisasi gerakan harus dinamis dalam menata organisasi baik secara internal maupun eksternal guna menyikapi berbagai persoalan bangsa dan daerah yang berasaskan pada asas perjuangan dan ideologi negara.

Selain itu, ungkap Henci, Ampera MBD Kupang sebagai organisasi mahasiswa dituntut untuk menjawab apa yang selalu menjadi keinginan dan motivasi dari semua anggotanya terutama dalam hal meningkatkan kemampuan literasi agar dapat memperpanjang barisan kader yang berkompeten sesuai basic ilmu yang dipelajari di bangku perguruan tinggi.

“Melihat situasi dan kondisi kekinian yang mana masih minimnya kemampuan literasi mahasiswa di bidang jurnalistik maka kami badan pengurus berdiskusi   menggelar pelatihan jurnalistik  untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman dari kader sekaligus mahasiswa asal MBD secara khusus.” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan itu melibatkan puluhan anggota Ampera MBD Kupang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi yang ada di kota Kupang.

Ketua umum Ampera MBD Kupang, Jacson L. N. Markus dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemred Victory News, Stevie Johannis yang bersedia memberikan materi Jurnalistik.

Menurut Jacson, kegiatan itu dilakukan  untuk mengembangkan kemampuan jurnalistik mahasiswa  yang bergabung dalam Ampera MBD Kupang.

Ia berharap materi yang diberikan Pemred Victory News dapat bermanfaat dan bisa diimplementasikan para mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi.

Pemred Victory News, Stevie Johannis mengapresiasi Ampera MBD Kupang yang sudah menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik untuk melatih diri menjadi penulis.

Lebih lanjut Stevie mengaku sudah sering diundang menjadi pemateri. Namun,  baru pertama diundang Ampera MBD Kupang yang merupakan organisasi mahasiswa asal Maluku Barat Daya.

“Saya sudah mulai bergabung menjadi wartawan sejak tahun 1999 karena sejak SMA  sudah sering menulis.
Kalau sudah biasa menulis itu jangan takut pasti bisa. Karena, untuk menjadi penulis itu harus terus berlatih diri dengan menulis. Kelebihan Wartawan beda dengan profesor atau doktor karena wartawan setiap hari menulis dan mendapat ilmu baru” jelasnya.

Ia menambahkan, karya jurnalistik ditulis secara singkat, padat dan jelas sesuai kode etik jurnalistik yang terdiri dari 5W dan 1H (what, where, when, who, why dan how ).

Hingga berita ini diturunkan kegiatan masih terus berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ruang kegiatan. (Yan/ol)