Aneka Lomba dari Bank NTT Terbuka bagi Pelajar Hingga Jurnalis

berbagi di:
img-20210217-wa0036

 

 

 

Putra Bali Mula

 

 

PROGRAM Ramai Sekali dari Bank NTT kembali digelar tahun ini dan lebih terbuka luas sasarannya yaitu untuk pelajar, masyarakat umum, tenaga pendidik maupun berbagai profesi termasuk pekerja media.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alex Riwu Kaho, dalam jumpa pers di lantai lima Kantor Pusat Bank NTT, Rabu (17/2), menyampaikan hal tersebut.

Kategori lomba pada program Ramai Sekali tahun 2021 ini antara lain Kompetisi Video Edukasi Produk Bank NTT, Kompetisi Foto Promosi Produk Bank NTT, Jinggle Competition Bank NTT, Kompetisi Penulisan (Writing Competition) Produk dan Layanan Bank NTT.

img-20210217-wa0035

Tidak seperti tahun sebelumnya yang dominan menyasar pelajar, peserta tahun ini lebih juga diperluas bagi masyarakat dari berbagai profesi hingga wartawan.

“Sebelumnya peserta dari kaum cendikiawan, dan pelajar kini peserta kita ingin ikut sertanya dari bapak ibu guru, dosen, masyarakat seluruhnya, dan teman-teman media,” sebut Alex.

Kompetisi Kreatif Inklusi Keuangan Tahun 2021 ini bertema ‘Solusi Cerdas NTT Menghadapi New Normal’ dengan tangline ‘Di Rumah, Berkarya, Dapat Hadiah, Bersama Bank NTT.’

Untuk itu ia harap layanan jasa di Bank NTT dapat kian membaik salah satunya dengan kegiatan Ramai Sekali. Ia berharap seluruh ide-ide yang disampaikan dalam berbagai kategori lomba yang ada dapat membangun pelayanan Bank NTT ke depannya.

Alex menjelaskan, program Ramai Sekali biasanya dilakukan dari Februari hingga Mei namun karena kondisi pandemi maka di tahun 2020 lalu terpaksa mundur hingga Oktober, bertepatan dengan bulan inklusi keuangan. Pada tahun 2021 program ini juga akan dilangsungkan sampai dengan bulan Oktober yang juga disesuaikan dengan momentum Sumpah Pemuda.

Pendaftaran lomba dibuka pada 22 Maret nantinya. Syarat dan ketentuan dapat di-download di website resmi Bank NTT pada tanggal tersebut, 22 Maret 2021.

Alex juga menyebut kantor layanan Bank NTT di kabupaten hingga desa terbuka untuk keperluan materi dan kreativitas para peserta terkait kategori lomba-lomba dimaksud.

“Akses pendaftaran dibuka seluas-luasnya dan persyaratan yaitu dengan adanya tabungan di Bank NTT,” tukasnya.

Masyarakat yang belum mempunyai tabungan Bank NTT dan ingin menjadi peserta maka wajib membuka tabungan Bank NTT sebesar Rp. 250 ribu. Sedangkan nasabah Bank NTT yang ingin menjadi peserta perlu menabung sebesar Rp. 250 ribu.

“Bukti setorannya akan menjadi syarat mengikuti lomba,” kata dia.

Adapun tim jurinya berasal dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTT, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan NTT, Dinas Pendidikan Provinsi NTT, akademisi, para profesional dan Bank NTT.

Akademisi dari Fakultas Ekonomi Universitas Artha Wacana (UKAW) Kupang, Dr. Frits O. Fanggidae, yang juga sebagai perwakilan dewan juri kategori lomba Writing Competition program Ramai Sekali ini turut hadir pada kesempatan tersebut.

Ia menjelaskan tugas dewan juri adalah memastikan ide yang dilombakan adalah original, membangun dan menarik sehingga peserta tidak perlu terjebak dengan format penulisan ilmiah pada umumnya.

“Kita tidak menggunakan terminologi ilmiah secara kaku atau ketat seperti tahun-tahun sebelumnya,” terang dia. (Yan/ol)