Anggota TNI-Polri Barina Pasang Pipa untuk Warga

berbagi di:
foto-hal-03-metrpolis-pipa-290919

 

 

Umbu Maykel

Dalam rangka menyambut HUT ke-74 TNI perkumpulan anggota TNI-Polri Barina (Bajawa, Riung dan Nagekeo) yang bertugas di Kota Kupang menggelar aksi sosial dengan pemasangan pipa air bersih pada salah satu rumah warga di Kelurahan Oeba Kecamatan Kelapa Lima Kota.

Perkumpulan yang baru didirikan enam bulan lalu ini dibentuk oleh Aipda Vincensius Loye, Brigpol Fransiskus Xaverius Kutu, Sertu Kanisius Raga dan Brigpol Yohanes Daewona.

Aipda Vincen yang bertugas di Unit Satwa Dit Samapta Polda NTT Ketua Perkumpulan Barina, Sabtu (28/9), mengatakan perkumpulan ini didirikan sebagai bentuk untuk kemanusiaan bagi masyarakat yang membutuhkan dan mengalami kesulitan.

“Ini merupakan visi misi dari dibentuknya perkumpulan ini, adapun pertemuan sebulan sekali yang dilakukan untuk melaksanakan arisan dari setiap anggota yang sudah bergabung,” ujarnya.

Aipda Vincen merincikan untuk anggota yang sudah bergabung saat ini ada 60 anggota denga tingkat keaktifan di dalam perkumpulan ini berjumlah 30 orang yang dan sisanya belum begitu aktif.

“Saya berharap sisa dari anggota yang belum aktif dapat lebih proaktif dengan perkumpulan ini, sehingga tujuan dari perkumpulan ini dibentuk dapat membantu masyarakat yang lebih membutuhkan uluran tangan,” ungkapnya.

Bantuan kali ini, katanya, merupakan aksi sosial yang pertama kali dari perkumpulan ini. “Aksi yang kami lakukan bentuk dari kesepakatan seluruh anggota sehingga dana yang terkumpul kita berikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

 

Misi Kemanusiaan
Selain itu juga, Aipda Vincen menyampaikan perkumpulan ini dengan visi misi kemanusiaan juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami sakit terutama sedang menjalani Opname dan juga bantuan kedukaan bagi masyarakat yang mengalami duka cita.

“Aksi kami ini tidak memandang suku dan budaya, siapapun yang membutuhkan uluran tangan pasti akan kita bantu, kita juga berencana akan melakukan aksi bedah rumah bagi warga yang benar-benar membutuhkan bantuan ini,” katanya.

Ia berharap perkumpulan ini terus melakukan aksi-aksi sosial dan dapat berkembang sesuai dengan visi misi yang sudah diutamakan.

“Perkumpulan ini baru saja terbentuk tetapi saya berharap tujuan dan pelaksana dari seluruh dapat berjalan dengan baik sehingga visi misi utama dari perkumpulan ini dapat berlanjut dan berkembang dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Teresia Liwu (69) warga RT 008/RW 003 Kelurahan Oeba, Kecamatan Kelapa lima Kota Kupang, Seorang warga yang menerima bantuan dari Perkumpulan Barina tidak bisa menyembunyikan rasa harunya saat pekerjaan pemasangan pipa air kerumahnya.

Istri dari almarhum Bernabas Bhia Pensiunan TNI Angkatan Darat sudah sejak 2016 menjanda. Suaminya Bernabas Bhia meninggal dunia akibat sakit yang dideritanya. Ibu

Teresia selama tiga tahun ini menjalani kehidupan bersama dengan kedua anaknya sedangkan tujuh orang lainnya sudah menikah dan satu orang anaknya meninggal dunia. Selama tiga tahun ini Teresia menjalani hidup dengan bertumpu pada gaji pensiun yang diterima dari suaminya.

“Saya sangat terharu dan bahagia dengan bantuan ini,” kata Teresia warga RT 008 RW 003 Kelurahan Oeba Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.
Selama ini air yang biasa dipakai sehari-hari harus dipikul menggunakan ember yang diambil dari sumur tetangga yang tidak begitu jauh dari kediamannya.

“Proses pengambilan air ini sudah berlangsung selama empat tahun lamanya, pada bulan lalu setelah dihubungi Aipda Vincen bahwa saya mendapatkan bantuan saya merasa bersyukur sekali,” paparnya.

Ia mengaku sangat berterima kasih atas bantuan dari Perkumpulan Barina yang di ketuai oleh Aipda Vincen dan seluruh anggota. “Saya tidak bisa berkata-kata apalagi hanya Tuhan yang dapat membalasnya,” kata Teresia dengan penuh haru. pemasangan pipa ini, dia tidak lagi harus bersusah payah lagi memikul air bersih dari tetangganya seperti kebiasaannya sebelum pemasangan pipa saat ini. (mg-21/R-2)

VN/UMBU MAYKEL

SAMBUNG PIPA: Anggota TNI-Polri yang tergabung dalam Perkumpulan Barina (Bajawa, Ring, Nagekeo) memasang pipa untuk mengalirkan air ke rumah seorang janda Teresia Liwu (69) warga RT 008/RW 003 Kelurahan Oeba, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Sabtu (28/9).