Arief Siap Pertahankan Medali Emas Pra-PON

berbagi di:
1617889565351

 

Arief Purwanto
Atlet Kempo NTT

 

 
KEKUATAN terbesar dari seorang atlet adalah semangat dan motivasinya untuk menjadi nomor satu. Tidak pernah kalah dengan diri sendiri dan membuktikan bahwa diri sendiri mampu meraih prestasi dan mempertahankannya.

Kekuatan terbesar untuk mempertahankan prestasi yang diraih ini dipegang teguh juga oleh  salah satu atlet Kempo NTT yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang PON XX di Papua Oktober mendatang. Dia adalah Arief Purwanto.
Ai, demikian ia disapa, yang akan berlaga di kelas Embu Pasangan Putra Kyu Kenshi di PON XX Papua mendatang ini berkomitmen untuk mempertahankan medali emas yang diraih pada ajang Pra PON tahun 2019 di Kalimantan Selatan lalu.
Sarjana Farmasi ini mengaku, untuk mempertahankan medali itu, ia berkomitmen berlati lebih keras lagi dan tidak lupa menyerahkan semua usahanya kepada Tuhan.
“Untuk meraih semua prestasi harus berlatih dengan sungguh dan disiplin yang tinggi. Saat ini, dalam sehari kami latihan dengan jadwal tiga sampai empat kali latihan,” ujar pria kelahiran Kupang, 29 Agustus 1995 ini.
Saat ini, putra pasangan Supriyatno dan Hulda Nurhayati Apaut ini, mengaku bangga menjadi atlet Kempo NTT.
“Saya mengenal Kempo sejak SD, tepatnya tahun 2005 lalu. Awalnya saya iseng-iseng ikut latihan bersama teman saya. Tetapi, saya bangga karena dari iseng itu bisa meraih prestasi seperti saat ini,” ujar atlet yang bercita-cita menjadi apoteker ini.
Dia juga mengaku bangga menjadi bagian dari keluarga besar Kempo. “Nilai persaudaraan dan kekeluargaan dalam Kempo sangat tinggi dan erat. Kami juga dibimbing untuk memiliki kedisiplinan yang sangat tinggi di dalam Kempo. Memiliki jiwa kepemimpinan, kerja keras, tidak pantang menyerah dalam menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari, serta dilatih untuk memiliki sifat yang rendah hati,” beber Ai.
Selain itu, kata pria yang siap-siap melanjutkan kuliahnya di profesi apoteker itu, menjadi Atlet Kempo harus siap bekerja lebih keras melebihi lawan-lawan dari berbagai daerah dan harus memiliki tanggung jawab yang tinggi karena di saat bertanding, bukan hanya nama pribadi yang dibawa tetapi nama daerah dan seluruh warga NTT.
Peraih medali emas pada Kejuaraan Dunia pada tahun 2017 di San Fransisco, Amerika Serikat itu, berpesan kepada para atlet muda untuk tidak pernah berhenti berlatih. “Jangan pernah berhenti berlatih jika ingin menjadi yang terbaik. Usaha yang dilakukan harus lebih dari orang lain. Jangan pernah takut untuk gagal. Jika gagal, bangkit dan coba lagi. Jangan pernah menganggap bahwa Kegagalan adalah akhir dari segalanya. Hari ini kamu mungkin saja kalah, buktikan kamu bisa semangat dan terus latihan untuk meraih prestasi,” pungkas Ai. (Paskal Seran/Yan/ol)

 
Daftar Prestasi Terbesar yang Pernah Diraih Arief Purwanto:
– Juara II kejuaraan internasional tahun 2014, surabaya

– Juara I Pra PON tahun 2015, Jawa Barat

– Juara III PON  tahun 2016, Jawa Barat

– Juara I kejuaraan dunia  tahun 2017, San Fransisco, USA

– Juara I Pra PON tahun 2019 , Kalimantan Selatan