Arus Balik Mudik Diperkirakan Sabtu-Minggu

berbagi di:
Ilustrasi Bandara El Tari Kupang

Yawan Ati

 

 

Tiga hari setelah (H+3) Lebaran, arus penumpang pesawat di Bandara El Tari sudah berangsur normal. Arus balik mudik diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan, yakni Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7). Di dua hari tersebut arus penumpang yang datang ke Kupang diperkirakan meningkat karena pada 3 Juli merupakan hari masuk kerja.
Koordinator Operasional Posko Terpadu Lebaran Bandar Udara El Tari Kupang, I Kadek Tresna Putra mengatakan itu kepada VN, Rabu (28/6).
Dikatakannya bahwa puncak arus mudik sudah terjadi pada H-2 Lebaran yakni Jumat (22/6) lalu dimana dengan jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 3.591 orang dan yang datang 2.786 orang dengan total 36 armada layanan.

“Grafik kedatangan justru sudah meningkat jauh sebelum Lebaran yakni pada H-9 dengan jumlah 3.346 penumpang. Sebab, orang siasati mahalnya harga tiket. Makin dekat hari H makin mahal,” ucapnya.
Sedangkan arus balik mudik Lebaran, kata dia, bakal terjadi pada H+5 dan H+6 yakni Sabtu dan Minggu pekan ini.
“Hari ini (Rabu 28/6) keberangkatan penumpang mulai normal. Untuk arus baliknya diperkirakan Sabtu atau Minggu ini. Itu kan besoknya orang mulai hari kerja,” katanya.
Demi mengantipasi tingkat keamanan bandara, Kadek menyebutkan PT Angkasa Pura I sudah bekerjasama dengan mitra kerja seperti TNI/Polri, KP3 Udara dan pihak terkait lainnya.
Menurut Kadek, peningkatan arus mudik Lebaran kali ini bisa diantisipasi dengan baik berkat kesiapan pihak maskapai. Selain tingkat occupancy seat yang memadai, pihak maskapai juga menyediakan extra seat di samping extra flight seperti Lion Group untuk rute Kupang-Surabaya-Jakarta dan Kupang-Makassar.
Mel Pandie, penumpang Susi Air tujuan Kupang-Sabu yang ditemui kemarin, mengaku puas dengan pelayanan pihak PT Angkasa Pura. Hal senada diucapkan Jhon Seda, penumpang Garuda tujuan Kupang-Bali.
“Selama ini saya bepergian melalui bandara ini pelayanannya cukup maksimal. Fasilitas yang ada pun cukup baik,” ujarnya.