ASN Harus Jujur, Bersih dan Disiplin

berbagi di:
foto-hal-08-metro-asn-kota-101019

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menyaksikan ASN menandatangani berkas sumpah sebagai abdi negara di ruang Sasando , Rabu (9/10). Foto: Stef Kosat/VN

 

 

Stef Kosat

ASN Kupang dituntut selalu bersikap jujur, bersih dan disiplin dalam melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat di Kota Kupang. Sikap tersebut mampu mendapatkan tempat terhormat di hati masyarakat Kota Kupang.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore mengatakan hal tersebut saat mengambil sumpah 70 ASN yang berlangsung di ruang Sasando lantai 3, kantor Wali Kota, Rabu (9/10).

Menurutnya, ASN harus memiliki mental disiplin yang tinggi, sehingga mampu bekerja sesuai target dalam mendukung visi-misi kepala daerah. Sebab sumpah yang diambil para ASN, adalah sumpah yang disaksikan Tuhan, sehinagga ASN dapat melaksanakan tugas dan fungsi aparatur dengan baik.

Ia menegaskan pentingnya disiplin bagi ASN. Pemkot Kupang akan melaksanakan sistem absensi yang terkomputerisasi untuk lebih mendisiplinkan pegawai di lingkup Pemkot. Dengan begitu tidak boleh ada ASN yang merasa tidak bisa diberhentikan karena sudah disumpah. Sebab, seringkali ASN arogan dan ogah-ogahan dalam bekerja setelah disumpah. Tetapi Pemkot Kupang tidak akan memandang bulu dan tidak akan segan-segan memberhentikan ASN yang tidak disiplin dalam bekerja.

“Kalau ada kesibukan para ASN wajib memberitahu atasan karena pemerintah juga tidak kaku dan mengerti. Beritahukan atasanmu supaya absensinya diketahui izin. Karena Pemkot terapkan sistem digital soal absensi dan kalau ASN sibuk lalu tidak memberitahu atasan maka dianggap alpa. Jadi kalau terus-terusan ASN berperilaku negatif akan ditindak walaupun itu keluarga wali Kota sekalipun. Jangan sering bekerja seperti PTT, dan akhirnya pelayanan masyarakat terganggu,” kata Wali Kota Jefri.
Jaga Kehormatan
Wali Kota Jefri juga tidak lupa mengajak para ASN agar memiliki jiwa korps dan sanggup mengamalkan kode etik PNS antara lain, etika dalam bernegara, berorganisasi, dalam kehidupan bermasyarakat, dalam diri sendiri, dan etika terhadap sesama pegawai negeri sipil.

“Kiranya peristiwa dan momentum hari ini menjadi kebanggaan dan kehormatan serta bagian dari martabat yang harus dipertahankan dan dipertanggungjawabkan dalam pengabdian dan dedikasi terhadap pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan,” kata Wali Kota Jefri.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BK2PD) Kota Kupang Abraham DE Manafe, menambahkan, tujuan pengambilan sumpah ASN untuk mewujudkan ASN yang disiplin, jujur dan berintegtasi sesuai perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, kata
Abraham mengatakan untuk mendukung samangat “Ayo Berubah” dan mempersiapkan ASN menuju Kupang Samart City dan Smart ASN 2024.
Semenyara Lisa Karunie, ASN asal Papua lulusan STPDN, yang penempatannya di Kota Kupang yang diwawancarai, mengatakan sebagai ASN akan bekerja maksimal demi melayani warga Kota Kupang dan memenuhi sumpahnya.

Terkait ancaman pemberhentian dari ASN jika tidak disiplin seperti yang disampaikan Wali Kota Jefri, menurut Lisa, pemberhentian seorang ASN itu ada aturan mainnya. Tetapi sebagai abdi negara, dia akan bekerja sesuai tupoksi dan menerapkan disiplin tinggi bagi dirinya, sehingga dia tidak melakukan pelanggaran. (mg-01/R-2)