ASN Harus Sehat dan Bersih

berbagi di:
PENGUJIAN : Salah seorang tim medis BNN Provinsi NTT melakukan pengujian terhadap urine ASN Kabupaten Kupang saat pelaksanaan tes urine di kantor Bupati Kupang, Senin (2/10).

PENGUJIAN : Salah seorang tim medis BNN Provinsi NTT melakukan pengujian terhadap urine ASN Kabupaten Kupang saat pelaksanaan tes urine di kantor Bupati Kupang, Senin (2/10).

 

Yes Bale

Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas dan kewajiban harus professional karena itu ASN harus sehat dan bersih secara fisik maupun mental.

Penegasan itu dikemukakan Sekda Kabupaten Kupang Hendrik Paut usai pelaksanaan tes urine para ASN kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang dengan BNN Provinsi NTT di kantor Bupati Kupang di Oelamasi, Senin (2/10).

Menurutnya, pemeriksaan urine para ASN Kabupaten Kupang dilakukan untuk mengetahui sejauhmana ASN bersih dan bebas dari pengaruh narkotika dan obat-obat terlarang.

Hendrik Paut menegaskan, hasil tes urine dari masing-masing ASN akan disampaikan langsung BNN Provinsi NTT kepada Bupati Kupang Ayub Titu Eki. Tidak ada penindakkan secara hukum jika ditemukan indikasi ASN yang menggunakan narkoba.

“Ini merupakan bagian dari upaya pencegahan untuk mempersiapkan ASN Kabupaten Kupang yang sehat dan bebas dari pengaruh narkotika maupun obat terlarang,” kata Hendrik Paut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (Kabid P2M) BNN Provinsi NTT Yosef Gadhi menegaskan, setelah dilakukan tes urine terhadap 625 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kupang, untuk sementara tidak ditemukan indikasi ASN yang menggunakan narkoba. Walau demikian, BNN Provinsi NTT bersama tim medis akan melakukan pendalaman lagi terhadap hasil tes urine tersebut.

Bila ditemukan, makas akan dilakukan assisment kepada yang bersangkutan tapi tidak diproses secara hukum.

Yang dilakukan hari ini merupakan bagian dari kerja sama Pemkab Kupang dan BNN Provinsi NTT untuk menghadirkan ASN yang bersih dari narkoba di lingkup kerja Pemkab Kupang.

Pantaun VN di Oelamasi, ratusan ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kupang mengikuti tes narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba).

Staf BNN Provinsi NTT Yonas Tarabila mengatakan, tes yang dilakukan merupakan kegiatan rutin dari BNN Provinsi NTT untuk memantau pemakaian narkoba khususnya di kalangan ASN Kabupaten Kupang. Narkoba yang bisa diidentifikasi yakni, ganja, sabu-sabu, zat-zat amphetamine maupun morphine.

ASN Kabupaten Kupang Frits Kuhurima menyambut positif apa yang dilakukan BNN Provinsi NTT. ASN, menurut Frits, merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap penyalagunaan narkoba.

“Ini hal positif karena sifatnya pencegahan bukan penindakan,” kata Frits.