Atlet Renang Pertama NTT di PON

berbagi di:
img-20210328-wa0024

 

Rizky Agung Davidson Danbers Bire
Atlet Renag NTT

 

 

 
RIZKY Agung Davidson Danbers Bire mencatat sejarah untuk dunia olahraga renang di NTT. Semenjak Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama 1 Mei 1948 dihelat di Solo, baru kali ini Rizky yang mencatatkan nama NTT sebagai peserta PON di Cabang Olahraga Renang.

Usaha dan kerja keras putra pasangan Henoch Bire dan Orpa Bire Djara ini memang sangat panjang. Ia dipacu sejak usia tiga tahun hingga saat ini di dalam kolam renang.

“Dari umur tiga tahun sudah mulai belajar renang. Dari kecil saya sudah terbiasa di kolam renang bersama kakak-kakak saya yang juga dulunya atlet renang, sehingga memilih renang sebagai olahraga favorit,” jelas atlet kelahiran Kupang 1 April 1999 ini.

Alasan awal atlet D3 Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga Universitas Hangtuah Surabaya ini untuk memilih renang karena ingin memiliki tubuh yang ideal. “Renang juga menjadi pilihan saya karena olahraga ini dapat membuat tubuh lebih ideal dan tidak mudah cedera saat latihan,” tandas Rizky.

1616917798252

Namun, keseriusannya untuk dibimbing sang ayah sebagai salah satu pelatih renang berbuah manis. Sejak duduk di bangku kelas II SD, ia sudah mencatatkan sejumlah prestasi. “Pernah juara I O2SN SD kelas 3,4,5 dan mewakili NTT di ajang Nasional. Saat di SMP juga saya Juara I Open Water 2 kilometer tahun 2012 di Kupang,” ujar Rizky yang sedang mempersiapkan diri secara serius untuk PON ini.

Selain itu, kata pria yang bercita-cita ingin bekerja di PT Pelabuhan Indonesia III ini, ia juga pernah mencatatkan Juara I Open Water 1 Kilometer di Kabupaten Alor. Ia juga mewakili NTT di O2SN SMP tingkat nasional tahun 2014 di Kalimantan. Ada juga Juara I Open Water 2 kilometer di Kabupaten Lembata tahun 2016 dan yang terakhir Juara III Seleksi Pekan olahraga Mahasiswa se Jawa Timur mewakili Universitas HangTuah di Surabaya.

Bagi Riszky semua yang diperolehnya, karena kesungguhan dalam berlatih. Selain itu ada orangtua, keluarga, pelatih, teman-teman, dan sang kekasih pacar yang selalu mendukungnya selama ini.

“Saya akan berusaha lagi untuk mengharumkan nama NTT di kancah nasional dengan minimal mempersembahkan medali perak untuk NTT di PON nanti di kelas 50 meter gaya bebas, 50 meter gaya kupu-kupu, dan 100 meter gaya bebas,” kata Rizky yang mengaku hobi renang Basket, Spatu Roda, dan bermain Gitar ini.

Kepada para juniornya yang saat ini sedang berlatih ia berpesan agar tetap semangat, berdoa serta latihan yang serius. “Buktikan Bahwa NTT juga punya atlet yang membanggakan,” pungkas Rizky. (Paskal Seran/Yan/ol)