Babinsa Semy Bulakh kembali Berbagi Kasih dengan Lansia Inaoe

berbagi di:
img-20201118-wa0018

 

Serka Semy Lazarus Bulak dengan sepeda motor yang dirancang untuk masuk-keluar membagikan paket sembako kepada warga Desa Inaoe, tampak memakaikan masker kepada salah seorang lansia yang ditemuinya di pinggir jalan desa tersebut, Rabu (18/11). Foto: Frangky Johannis/vn.

 

 

 

Frangky Johannis

 

 
SEJAK bertugas sebagai personel Bintara Pembina Desa (Banbinsa) Koramil 1627-01/Ba’a, Kodim 1627/Rote Ndao di Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, bulan Oktober lalu, Serka Semy Lazarus Bulakh, sejak Senin (16/11) hingga Rabu (18/11), kembali menyalurkan bantuan paket sembako dan masker bagi para lansia yang terdampak pandemi Covid-19 di wilayah desa binaannya.

Kepada VN, di Desa Inaoe, siang tadi, Serka Semy Bulakh mengatakan, sejak ditugaskan di wilayah tersebut, dirinya telah mempunyai kaul iman untuk membantu para lansia dan anak yatim secara bertahap selama pandemi Covid-19 dengan menggunakan tabungan pribadi dan hasil usaha sang istri berjualan kue.

“Ini merupakan komitmen iman untuk membantu warga yang membutuhkan dengan menyisihkan sebagian berkat yang saya dapatkan dari Tuhan,” katanya.

Menurutnya, untuk melaksanakan kegiatan penyaluran paket sembako dan masker, sekaligus mendekatkan diri dengan warga binaan, dirinya memodifikasi sepeda motornya seperti penjual sayur/ikan keliling dengan tujuan agar bisa membawa paket sembako bantuan masuk-keluar lima dusun Desa Inaoe, yakni Dusun Nunumina, Huslain, Okohenu, Nggolobeuk, dan Danoanaklain yang cukup sulit diakses kendaraan.

“Selain membagi paket sembako dan masker kepada para lansia, sekaligus saya menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan, agar dapat mencegah dan terhindar dari Covid-19,” katanya.

Fredik Pello (71), salah seorang lansia yang kondisinya tak berdaya karena lumpuh mengaku sangat terbantu dengan aksi berbagi kasih Babinsa Semy Lazarus Bulak tersebut.

Menurut Fredik, dirinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selalu minta bantuan orang lain (kerabat dan tetangga), sehingga dengan aksi sambang warga lansia yang dilakukan Babinsa Semy tersebut dirinya merasa terberkati.

“Saya tidak bisa membalas budi baik Pak Babinsa, namun saya berdoa kiranya Tuhan membalas budi baik anggota TNI-AD Kodim 1627/Rote Ndao ini,” ujarnya.

Kepala Desa Inaoe Ferdinan Siokain mengaku sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa Semy Bulakh di wilayahnya karena selalu membantu masyarakat dan pemerintah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, pemerintahan, dan pembangunan.

“Saya berterima kasih kepada Serka Semy yang sudah banyak membantu pemerintah desa dan masyarakat selama dua bulan bertugas di wilayah Desa Inaoe,” katanya.

Salah seorang tokoh agama, Vikaris Martha Kedoh mengaku mengenal Serka Semy Bulak sebagai anggota TNI yang humblle dan seperti seorang pendeta. Ia selalu membantu sesama yang memerlukan walau dalam keterbatasannya sebagai manusia biasa.

Menurut Martha, kegiatan berbagi kasih yang dilakukan Babinsa Semy patut diacungi jempol dan patut ditiru oleh rekan seprofesi dan masyarakat yang lebih beruntung karena saat ini pandemi Covid-19 masih melanda dunia.

Untuk diketahui, Serka Semy Lazarus Bulak setelah ditugaskan sebagai Babinsa di Desa Inaoe dua bulan lalu, sudah berbagi kasih dengan warga binaannya sebanyak dua kali, yakni awalnya saat syukuran atas kenaikan pangkat satu tingkat ke Serka, penempatan dirinya sebagai Babinsa di wilayah tersebut, dan ulang tahun ke-43 sang istri yang dilaksanakan pada 25 Oktober 2020 lalu, dan kali ini. (yan/ol)