Bandara El Tari Akan Tampung 3 Juta Penumpang

berbagi di:
img-20181004-wa0157-1

General Manager Bandara El Tari Kupang, Barata Singgih Riwahono

 
Rafael L. Pura

Bandara Internasional El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur sedang dikembangkan untuk meningkatkan kapasitas bandara. Kapasitas Bandara El Tari ini ditargetkan akan menampung tiga juta penumpang. Pengembangan Bandara ini hampir tiga kali lipat dari kapasitasnya saat ini, dimana menampung sekitar 1,3 juta penumpang.

General Manager Bandara El Tari Kupang, Barata Singgih Riwahono, Senin (13/1) mengatakan pengembangan bandara yang sedang dilakukan saat ini ditargetkan rampung Februari mendatang.

Progress perluasan saat ini sudah mencapai 85 persen dan ditargetkan selesai Februari mendatang, pengembangan ini untuk memberikan kenyamanan dan kelancaran para penumpang, dimana sebelumnya hanya menampung satu juta lebih penumpang saja,” katanya.

Barata mengatakan, pengembangan Bandara El Tari juga meliputi penambahan apron dan penebalan landasan pacu pesawat. Perluasan apron (tempat parkir pesawat) dari 16 menjadi 17 pesawat, untuk mengakomodir kehadiran pesawat-pesawat berbadan lebar.

Barata mengaku, operasional bandara tetap berjalan normal, meskipun sedang dilakukan pengembangan kapasitas bandara, juga tidak menganggu kelancaran dan kenyamanan para penumpang.

Bandara El Tari Kupang, saat melayani rute penerbangan domestik maupun nasional. Untuk penerbangan domestik lokal, rute penerbangan mencakup 14 bandara dan melayani 36 rute penerbangan setiap hari.

Pelaksanaan pengembangan Bandara ini, sebelumnya telah dipantau langsung Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud), Polana B Pramesti berbarengan saat melakukan kunjungan kerja memantau posko Nataru, beberapa waktu lalu.

Polana mengatakan, Bandara El Tari memang sudah saatnya melakukan peningkatan kapasitas mengingat lonjakan penumpang setiap waktu, sehingga perlu dijawab dengan pengembangan kapasitas bandara.

 

Layani Ribuan Penumpang
Pada Natal dan Tahun Baru baru-baru ini, lanjut dia, Bandara El Tari Kupang tercatat melayani 7.253 penumpang, meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya. Sementara puncak arus balik pada tanggal 5 Januari 2020 (H+5) dengan jumlah penumpang sebanyak 6.990 orang dengan peningkatan sebesar 7 persen.

“Sebagai pengelola Bandara El Tari, kami sangat bersyukur atas kelancaran operasional bandara. Saya sampaikan terima kasih atas kinerja yang ditunjukan para personel di Posko Nataru karena telah berpartisipasi dalam memastikan kelancaran, keamanan, dan keselamatan para pengguna jasa kebandarudaraan,” katanya.

Walaupun arus kebandarudaraan di Bandara El Tari mengalami peningkatan di beberapa aspek, namun Manajemen Bandara El Tari tetap berupaya untuk mengoptimalkan pelayanan yang diberikan kepada para pengguna jasa bandara. (mg-03/S-1)