Bandara El Tari Raih Akreditasi Pelayanan Tingkat Dunia

berbagi di:
Bandara El Tari

 

 

 

Rafael L. Pura

Internasional El Tari Kupang meraih akreditasi Airport Cystomer Experience Accreditation Program dari Airports Council International (ACI).

Bandara Internasional El Tari Kupang merupakan salah satu dari sepuluh bandara yang dikelola PT Angkasa Pura 1 yang menerima akreditasi tersebut.
Selain Bandara El Tari Kupang, Bandara lainnya yang meraih akreditasi ini adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.
Selain itu, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Internasional Lombok Praya.
Angkasa Pura I Raih Akreditasi Pelayanan Bandara Tingkat Dunia.

Akreditasi ini menjadikan Angkasa Pura I sebagai operator bandara pertama di Asia-Pasifik yang mayoritas bandaranya mendapatkan pengakuan atas komitmen peningkatan pengalaman pelanggan dari lembaga kebandarudaraan prestisius dunia yang berbasis di Montreal, Canada.

General Manager Bandara El Tari Kupang, Barata Singgih Riwahono saat dikonfirmasi, Kamis (8/8) mengatakan akreditasi ini menunjukkan keseriusan pihaknya dalam melayani setiap jasa pengguna bandara terlayani dengan baik.

Dia menambahakan, usaha pihaknya dalam meningkatkan kualitas pelayanan akhirnya tidak sia-sia, meski sedang dalam proses renovasi terminal penumpang secara menyeluruh.

“Saya sangat bangga dengan keberhasilan ini. Kami sangat berterima kasih kepada pengguna jasa bandara yang senantiasa memberikan feedback baik kepada kami,” kata Barata.
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi sebelumnya menyatakaan kebanggaanya atas akreditasi ini. Bahwa komitmen PT Angkasa Pura I dalam meningkatkan level of service serta customer experience di bandara-bandara yang dikelola berhasil mendapat akreditasi internasional melalui Airport Customer Experience Accreditation Program yang dilakukan oleh ACI.

Akreditasi ini, kata Fahmi, semakin mengukuhkan kinerja pelayanan seluruh bandara Angkasa Pura I setara dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya.

Dalam program strategisnya, Angkasa Pura I merencanakan peningkatan kapasitas total di seluruh bandara yang dikelola hingga dua kali lipat dalam lima tahun ke depan.

Angkasa Pura I, kata dia, menekankan bahwa kualitas pelayanan kepada pelanggan merupakan suatu prioritas yang terus ditingkatkan demi mencapai target menjadi salah satu yang terbaik di tingkat global.

Akreditasi ini dilakukan berdasarkan praktik bandara dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik yang terdiri atas customer understanding, strategy measurement, operational improvement, governance, airport culture, service design/innovation, dan airport community collaboration.
ACI World Director, Angela Gittens mengatakan, dengan akreditasi dari ACI ini artinya pengelola bandara telah menunjukkan komitmen secara terus-menerus untuk mengulas dan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka yang terus berubah, unggul, dan belajar bagaimana mereka dapat terus meningkat.

Perwakilan 10 bandara Angkasa Pura I ini akan diundang untuk menerima sertifikat akreditasi dalam ajang ACI Customer Experience Global Summit yang akan diadakan di Bali, 2-5 September mendatang bersama bandara-bandara internasional dunia yang turut mendapatkan akreditasi ini seperti Bandara John F Kennedy New York (AS), Bandara Chattrapati Shivaji Mumbai (India), Bandara Incheon (Korea Selatan), serta Bandara Internasional Halifax Stanfield (Kanada). (mg-03/E-1).