Bank NTT Mulai Mendata Para Debitur Terdampak Bencana

berbagi di:
img-20210408-wa0113

 

 

 

 

Putra Bali Mula

Bank Pembangunan Daerah (BPD) NTT mulai melakukan pendataan para debitur terdampak bencana pasca tiga hari terjadinya Siklon Tropis Seroja yang menimpa wilayah Provinsi NTT.

Direktur Pemasaran Kredit Paulus Stefen Messakh, Kamis (8/4) mengatakan pihaknya mulai bersurat kepada cabang Bank NTT di daerah untuk mendata para debitur terdampak bencana.

Ia menyebut ini sebagai proses inventarisasi agar para debitur terdampak bisa mendapatkan keringanan atas kredit karena situasi tanggap darurat bencana.

“Kita dalam proses menginventarisir, belum bisa menyampaikan debitur jumlahbya berapa, belum bisa dipastikan dan hari ini kita bersurat untuk menghimpun data,” kata dia dalam pertemuan di kantor pusat Bank NTT.

Kepala Bank Indonesia, I Nyoman Ariawan Atmaja dalam pertemuan dengan Bank NTT dan media di saat yang sama menyebut pihaknya mendorong hal serupa diupayakan seluruh perbankan yang mempunyai nasabah terdampak bencana di NTT.

Menurut Nyoman, dalam rangka pandemi telah ada relaksasi kredit dan perlu adanya kebijakan terkait situasi darurat bencana ini bagi para korban.

“Dalam situasi bencana ini juga yang didorong oleh BI dan OJK,” tukas Nyoman.

Untuk diketahui Bank NTT juga membuka rekening donasi peduli bencana di NTT. Nomor Rekening 1000742078 atas nama Bank NTT Peduli sampai dengan saat 7 April kemarin mencapai Rp. 57.668.000. (bev/ol)