Bank NTT Waingapu Gelar Lomba Mewarnai Simpel Day

berbagi di:
img-20190516-wa0032

Peserta Lomba Mewarnai Simpel Day Bank NTT mendeklarasikan Aksi Pelajar Indonesia Gemar Menabung saat pembukaan kegiatan tersebut. Foto: Frangky Johannis/VN

 

 

Frangky Johannis
Dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan melalui Program Simpanan Pelajar (Simpel Day), PT Bank NTT (Persero) Cabang Waingapu menggelar lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-Kanak bertempat di aula serba guna bank tersebut, Kamis (16/5) petang.

Pimpinan Bank NTT Cabang Waingapu Saul L Wenji mengatakan pihaknya terus mendorong tingkat inklusi keuangan, salah satunya melalui kegiatan Simpel Day, yang dilaksanakan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019.

Sekda Sumba Timur Domu Warandoy ketika memberikan arahan kepada para peserta Lomba Mewarnai Simpel Day Bank NTT tingkat Taman Kanak-Kanak, di aula serba guna Bank NTT tersebut, Kamis (16/5) petang. Foto: Frangky Johannis/VN
Sekda Sumba Timur Domu Warandoy ketika memberikan arahan kepada para peserta Lomba Mewarnai Simpel Day Bank NTT tingkat Taman Kanak-Kanak, di aula serba guna Bank NTT tersebut, Kamis (16/5) petang. Foto: Frangky Johannis/VN

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan memperkenalkan lembaga perbankan sejak dini serta mengajak dan mengedukasi anak-anak untuk gemar menabung, agar terbentuk generasi pelajar yang cerdas dan gemar menabung.

Menurut Saul, pihaknya pernah membaca suatu artikel penelitian yang menyebutkan bahwa anak-anak sekarang menabung untuk tujuan konsumtif. Sehingga, pihaknya ingin mengubah realitas tersebut dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak terkait dunia perbankan, menabung, dan investasi pendidikan untuk masa depan.

Bank NTT menggandeng para sponsor yang merupakan nasabah Bank NTT untuk berpartisipasi dalam eduksi inklusi keuangan.

“Pendanaan kegiatan ini tidak berasal dari Bank NTT, tetapi merupakan partisipasi nasabah yang bertindak sebagai donatur kegiatan,” katanya.

Hadiah yang disediakan untuk pemenang lomba, kata dia, untuk juara 1 mendapatkan uang tunai dalam bentuk tabungan sebesar Rp 2,5 juta, voucher menginap gratis semalam bersama keluarga di Padadita Beach Hotel Waingapu, dan piagam penghargaan. Juara 2 mendapatkan Rp 2 juta ditambah voucher makan di El Cafe dan piagam, juara 3 mendapatkan Rp 1,5 juta ditambah voucher belanja di Erom Mart dan piagam, juara harapan 1 mendapatkan Rp 1 juta dan piagam, juara harapan 2 mendapatkan Rp 750 ribu dan piagam, serta juara harapan 3 mendapatkan Rp 500 ribu dan piagam penghargaan.

Sekda Sumba Timur Domu Warandoy yang mewakili Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bank NTT yang menggelar kegiatan lomba mewarnai Simpel Day dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ini.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan suatu hal positif karena selain untuk memerkenalkan lembaga perbankan dan juga menumbuhkan sikap menabung secara dini kepada anak-anak Sumba Timur, tetapi disisi lain juga memberi ruang dan wadah pembelajaran kepada anak-anak Sumba Timur untuk berkreasi sekaligus mengembangkan bakatnya.

Lomba mewarnai ini, kata dia, juga merupakan sebuah upaya untuk menambah jumlah nasabah walaupun anak-anak karena yang saya dengan ada biaya pendaftaran Rp 200 ribu, tetapi itu hanya persyaratan peserta karena uang tersebut untuk membuka rekening bagi yang belum ada rekening dan atau menambah saldo bagi yang sudah mempunyai rekening.

“Pemkab Sumba Timur sebagai salah satu pemegang saham Bank NTT mengapresiasi kegiatan ini. Kontribusi Bank NTT tentunya akan lebih besar lagi bagi Pemkab ke depan karena deviden yang dibagikan Bank NTT masuk sebagai PAD yang akan membiayai sejumlah kegiatan pembangunan,” kata dia.

Warandoy berharap kegiatan Simpel Day akan semakin menumbuhkan budaya menabung bagi pelajar dan mendorong terwujudnya kepemilikan rekening bagi seluruh pelajar di Sumba Timur.

Pada kesempatan itu juga para peserta lomba mendeklarasikan Aksi Pelajar Indonesia Gemar Menabung. (bev/ol)