Baru 4.000 dari 23.757 Surat Suara Kurang yang Diterima Sumba Timur 

berbagi di:
Salah satu truk pengangkut sementara memuat logistik pemilu untuk didistribusikan ke wilayah Kecamatan Lewa, Lewa Tidahu, Katala Hamu Lingu, Nggoa, Haharu, dan Kanatang. Gambar diabadikan Senin (15/4) petang kemarin. Foto: Frangky Johannis/VN
Frangky Johannis
Hingga Senin (15/4) petang kemarin, atau menjelang H-1 pelaksanaan pemungutan suara pemilihan presiden (pilpres), legislatif DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, serta senator DPD RI, Rabu (17/4). KPU Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur masih harap-harap cemas karena kekurangan 23.757 surat suara belum diterima.
Ketua KPU Kabupaten Sumba Timur Oktavianus Landi yang dikonfirmasi  Senin (14/4) petang, di Gedung MPL Gedung MPL, Kelurahan Prailiu, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima seluruh kekurangan surat suara yang telah dilaporkan ke KPU RI.
Menurutnya, surat suara yang baru diterima pihaknya, Senin (15/4) sebanyak lebih kurang 4.000-an saja. Sisanya belum terkirim karena tak ada trasnportasi ke Waingapu.
“Informasi yang kami dapat dari KPU Provinsi NTT, paling lambat hari ini akan dikirim, namun yang masuk hanya 4.000-an saja,” kata dia.
Menjawab pertanyaan VN terkait kemungkinan pelaksanaan pencoblosan di sejumlah wilayah tak bisa dilakukan pada Rabu (17/4), jika besok kekurangan surat suara tersebut tidak dapat terdistribusi ke Waingapu, Oktavianus katakan, pihaknya tidak mau berandai-andai tetapi terus melakukan komunikasi dengan KPU Provinsi NTT dan KPU RI untuk mencari solusi agar besok bisa tiba, sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang tidak diinginkan bersama.
“Kita tidak bisa berkata apa-apa, hanya bisa berdoa agar besok bisa masuk, sehingga pelaksanaan pencoblosan bisa berjalan sesuai tahapan,” ungkap Oktavianus singkat.
Saat penyortiran surat suara oleh KPU Sumba Timur beberapa waktu lalu, ditemukan adanya kerusakan (cacat) surat suara serta kekurangan pengiriman sebanyak 23.757 surat suara.
KPU Sumba Timur telah menempuh kebijakan mengalokasikan surat suara yang ada bagi wilayah terjauh, sementara kekurangan yang nantinya dikirim dikhususkan bagi pemilih di wilayah perkotaan, yakni Kecamatan Kota Waingapu dan Kambera.
KPU juga telah melakukan pendropingan logistik sajak Sabtu (13/4) ke tujuh kecamatan terjauh di wilayah selatan Kabupaten Sumba Timur, yakni Kecamatan Tabundung, Matawai La Pawu, Paberiwai, Karera, Ngadu Ngala, Mahu, dan Pinu Pahar.
Sementara untuk distribusi hari kedua, Minggu (14/4) juga telah mendistribusikan surat suara ke wilayah Timur Kabupaten Sumba Timur, yakni Kecamatan Kambata Mapambuhang, Kangahu Eti, Umalulu, Wula Waijelu, Pahunga Lodu, dan Rindi. Serat pada hari ketiga Senin (15/4), telah didistribusikan untuk wilayah Kecamatan Lewa, Lewa Tidahu, Katala Hamu Lingu, Nggoa, Haharu, Kanatang, dan Pandawai. (bev/ol)