Berkat Kerja Keras Inspektorat, Sikka Raih Empat Kali WTP

berbagi di:
img-20200930-wa0027

 

Bupati Sikka melantik dan mengukuhkan lima Pejabat Tinggi Pratama, Lingkup Setda Sikka, Rabu (30/9) siang.

 

 

 

Yunus Atabara

 
BERKAT kinerja dan kerja keras inspektorat, Kabupaten Sikka 4 kali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Oleh karena itu, Inspektur Sikka, Roby da Silva, yang sedikit waktu lagi memasuki usia pensiun dimutasi menjadi Asisten 1 Setda Sikka dan inspektur dijabat oleh pejabat baru, Germanus Goleng.

Demikian dikatakan Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dalam sambutannya usai melantik dan mengukuhkan 5 pejabat tinggi pratama, di lingkup Setda Sikka, Rabu (30/9) siang di ruang kerjanya.

“Pak Roby da Silva berhasil mewujudkan Sikka meraih 4 kali WTP. Kalau beliau sampai pensiun sebagai inspektur, kita bisa kewalahan nantinya. Makanya mutasi hari ini, apabila inspektur alami kendala bisa konsultasi dengan pak Asisten 1,” kata Bupati Sikka.

Bupati menegaskan bahwa inspektorat harus bekerja keras menjadi mata dan telinga dalam pengelolaan pemerintahan sebagai salah satu upaya untuk meraih opini WTP.

Inspektorat harus memiliki kewenangan melakukan pengawasan dan pembinaan awal untuk penegakan disiplin pegawai maupun penggunaan anggaran.

Oleh karena itu, peran inspektorat menjadi mata dan telinga pemerintah, dapat melalukan peningkatan kualitas SDM dengan memberikan berbagai pelatihan pengelolan keuangan dan barang daerah.

Selain itu, ditunut memiliki komitmen, semangat dan peningkatan disiplin dari seluruh pimpinan dan jajaran Pemerintah agar pemerintah Kabupaten Sikka mampu mempertahankan perdikat WTP

Bupati berharap, adanya peningkatan kapasitas birokrasi melalui upaya pemberantasan korupsi, penerapan disiplin, peningkatan kepekaan dan tanggung jawab birokrasi dalam menjalankan pemerintahan, pelayanan publik serta menjamin transparansi publik.

Dalam kesempatan itu, Bupati melantik 2 pejabat tinggi pratama lingkup Setda Sikka, 3 pejabat tinggi pratama lainnya dikukuhkan kembali dalam jabatan. Pejabat yang dilantik masing masing Roby da Silva jabatan sebelumnya Inspektur Kabupaten Sikka dilantik menjadi Asisten 1 Setda Sikka.

Germanus Goleng sebelumnya kepala Dinas Naker Trans Kabupaten Sikka dilantik menjadi Inspektur Kabupaten Sikka menggantikan Roby da Silva.

Sedangkan Tomy Lameng dikukuhkan dalam jabatan sebagai Kadis PUPR, Rudolfus Ali dkukuhkan menjadi Kadis Kearsipan dan Perpustakaan dan M Daeng Bakir menjadi Kepala BPBD Sikka. (Yan/ol)