Bersepeda Jadi Olahraga Favorit Saat Pandemi Covid-19

berbagi di:
img-20200627-wa0043

 

 

 

 

Sinta Tapobali

Bersepeda sedang menjadi tren gaya hidup sehat masyarakat di tengah pandemi virus Corona, tak terkecuali di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Selain mendapatkan manfaat kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, bersepeda bagi sebagian orang juga dapat menjadi sarana rekreasi.

Seperti yang dirasakan Urbanus Fatbanu (56) saat ditemui VN di Jembatan Petuk III.

Menurutnya, olahraga bersepeda merupakan olahraga yang sangat baik untuk kesehatan khususnya bagi ia yang sudah berada di usia lanjut.

Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, bersepada juga bermanfaat untuk terhindar dari penyakit jantung.

“SSya hobi olahraga karena di usia saya yang sudah tua ini memang butuh rutinitas yang bisa menyehatkan tubuh. Bagi saya olahraga ini memberikan dampak yang positif bagi kesehatan saya, karena saya lebih bugar, lebih sehat dan khususnya olahraga ini setahu saya juga dapat menghindarkan seseorang terkena penyakit jantung,” ungkapnya.

Ia mengaku hampir setiap hari selalu meluangkan waktu untuk bersepeda terutama sejak pandemi.

“Sejak Corona ini kan semua orang suruh diam di rumah. Saya bosan jadi saya pikir apa yang bisa saya lakukan agar saya bisa tetap sehat dan tidak bosan. Setelah itu anak saya yang dokter sarankan saya untuk olahraga sepeda. Meski tidak jauh-jauh dari rumah hanya sekitaran sini saja tetapi itu sudah cukup buat saya senang dan kondisi saya selalu fit meski sudah tua,” ujarnya.

Sementara warga lain Putri Ningsih mengaku tubuhnya cukup lelah karena bekerja dari pagi hingga sore hari. Untuk meningkatkan daya tubuh dan bisa tetap fit, ia memilih untuk bersepeda.

Bahkan, ia merasa bersepeda bisa menghilangkan stres dan kejenuhan.

” Saya rasa dengan olahraga ini saya bisa menghilangkan beban pikiran akibat banyaknya pekerjaan yang setiap hari harus saya lakukan. Tapi pada dasarnya saya memang hobi bersepeda. Di masa sekarang ini tidak banyak hal yang bisa kita lakukan, daripada saya hanya diam di rumah ketika hari Sabtu dan Minggu, ya saya pikir saya harus habiskan untuk berbuat sesuatu yang sehat, makanya saya pilih untuk bersepeda,” jelas wanita yang bekerja di salah satu BUMN di kota Kupang ini.

Sementara dr. Cristian Widodo mengatakan olahraga bersepeda dapat meningkatkan kesehatan jantung atau cardio dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Menurutnya, bersepeda juga dapat menurunkan berat badan seseorang selama orang itu bisa menjaga pola makan rendah kalori. Terkait dengan durasi bersepeda yang aman menurutnya semua itu tergantung dari ketahanan tubuh atau endurance dan stamina masing-masing individu. (bev/ol)