BI akan Menggelar Lomba Kreatif Dukung KKI 2020

berbagi di:
img-20200828-wa0049

Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT I Nyoman Ariawan Atmaja membeli produk Aroma Kopi Sumba menggunakan QRIS di pagelaran KKF, Jumat (28/8).

 

 
Putra Bali Mula
Bank Indonesia Perwakilan NTT akan mempersiapkan aneka lomba untuk menyemarakkan Karya Kreatif Flobamorata (KKF) sebagai bagian dari pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT I Nyoman Ariawan Atmaja saat membuka KKF Jumat, (28/8) di Gedung Dekranasda Provinsi NTT.

“Kami juga berkomitmen untuk lebih menyemarakkan rangkaian KKI 2020 ini dengan beberapa lomba yang akan disiapkan, antara lain Lomba Desain Baju berbahan dasar Tenun, Lomba Foto Busana Tenun dan lomba Video Pendek Edukasi Bangga Buatan Indonesia bagi seluruh masyarakat di Nusa Tenggara Timur,” sebutnya.

KKI sendiri merupakan kegiatan tahunan Bank Indonesia yang bertujuan sebagai ajang eksibisi produk unggulan (premium) UMKM Binaan Bank Indonesia dari seluruh penjuru Indonesia. Saat ini KKI diadakan secara virtual menanggapi situasi Covid-19 setelah tahun-tahun sebelumnya diadakan di pusat.

Untuk Karya Kreatif Flobamorata (KKF) di Dekranasda NTT sendiri menampilkan kain Tenun dan turunannya dari kelompok tenun binaan Bank Indonesia di berbagai kabupaten di NTT. Selain itu terdapat juga kerajinan rajutan, kopi arabika Flores Bajawa dan robusta sumba, madu timor, makanan ringan Mama Ana, dan aneka produk UMKM lainnya. Total ada 8 UMKM binaan BI NTT yang berpartisipasi pada acara tersebut.

Nyoman berharap dengan dilaksanakan secara virtual maka pemasaran secara digitalisasi dapat membawa keuntungan dan dampak positif lebih luas lagi pelaku UMKM.

“Pada KKI tahun-tahun sebelumnya, UMKM dari NTT selalu berhasil mencatatkan transaksi yang signifikan dan terus meningkat. Contohnya Tahun 2019 yang lalu, adalah sebesar Rp 330juta hanya dengan 3 hari pameran. Tentu ini menjadi pencapaian yang harus terus kita jaga dan tingkatkan. Oleh karena itu, pada tahun ini, mengawali rangkaian KKI Virtual 2020,” sebutnya.

Selain mengajak masyarakat berpartisipasi dalam lomba yang nantinya diadakan Nyoman juga mengajak masyarakat berpartisipasi pada Gernas BBI.

“Menandai dibukanya KKI kami juga ingin mengajak kita semua yang ada disini serta masyarakat di NTT untuk turut serta berpartisipasi pada Gerakan Nasional Bangga Buatan indonesia (Gernas BBI) dengan terus mencintai dan menggunakan produk-produk hasil UMKM dalam negeri,” ungkapnya.

Pada acara KKF tersebut digelar pula showcasing produk UMKM binaan KPw BI NTT dan Dekranasda, nonton bersama Pembukaan KKI Virtual 2020, dan fashion show busana tenun NTT.

Karya Kreatif indonesia (KKI) merupakan kegiatan tahunan Bank Indonesia yang bertujuan sebagai ajang eksibisi produk unggulan (premium) UMKM Binaan Bank Indonesia dari seluruh penjuru Indonesia.

Pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, KKI dibuka dan dihadiri oleh Presiden RI dan Ibu Negara, Gubernur BI, Menteri terkait, Ketua Dekranas dan masyarakat umum. Pada tahun ini, menyikapi kondisi pandemi covid-19, KKI diselenggarakan secara virtual selama berseri pada 28-30 Agustus 2020, (seri ), Oktober 2020 (seri II), November 2020 (seri II).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo secara live streaming saat itu menilai kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi nyata Bank Indonesia dalam mendorong bangkitnya UMKM.

“Bagaimana mendorong UMKM dengan kreativitas, digitalisasi dan sinergitas. Kunci bagi UMKM adalah nilai tambah dari tiga poin tersebut,” kata dia. (yan/ol)