BMKG Imbau Warga tidak Berada di Lapangan terbuka saat Terjadi Petir

berbagi di:
img-20201130-wa0010

 

 

Yapi Manuleus

 
BMKG mengimbau kepada warga agar selalu menghindari apangan terbuka seperti lapangan Sepak Bola, Sawah maupun di tengah lautan lepas. Karena hal tersebut berpotensi tinggi menjadi obyek yang sangat rawan disambar petir.

Hal tersebut disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi saat dikonfirmasi media ini pada Senin (30/11).

Dia mengatakan, selain lapang terbuka juga sangat dilarang ketika berada dibawah pohon saat terjadinya hujan disertai petir.

“Untuk selalu diwaspadai setiap orang itu ketika berada ditengah sawah, bermain Bolla dilapangan terbuka, mupun berlayar diatas kapal dilautan terbuka. Karena hal itu dapat berpotensi menjadi obyek yang rawan disambar petir,” katanya.

“Petir akan menyambar semuanya tanpa memilih-milih dan dapat menyambar beberapa objek sekaligus. Karna itu masyarakat harus selalu waspada pada kilatan-kilatan petir, saat berada dibawah pohon, tempat terbuka yang biasanya menimbulkan potensi terjadinya petir,” tambahnya.

Petir cenderung memilih tempat yang terbuka sebagai obyek sambarannya. Sehingga dia meminta masyarakat perlu menghindari hal-hal tersebut ketika terjadinya hujan yang disertai petir.

Selain itu juga, ia mengatakan terdapat lima hal yang tidak boleh dilakukan di rumah masing-masing saat terjadinya petir
Lima hal tersebut diantaranya: Tidak boleh menggunakan Telpon kabel Paxels atau Pixabay, hindari berada didl dekat jendela saat petir terjadi, tidak boleh berada di teras atau balkon rumah, tidak mandi menggunakan Shower saat terjadinya petir, serta mematikan peralatan elektronik yang tidak diperlukan. (Yan/ol)