Praja Serahkan 20 Ribu KTP ke KPU Mabar

berbagi di:
img-20200219-wa0038

 

 

Gerasimos Satria

Pasangan bakal calon Bupati dan calon Wakil Bupati jalur independen, Wilfridus Fidelis Pranda-Blasius Jeramun (Praja)
menyerahkan berkas syarat dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat,Rabu (19/2) siang sekitar pukul 09.00 Wita. Praja didampingi tim sukses dan ratusan pendukung dengan berjalan kaki  dari Posko Praja di Golo Koe,Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo menuju Kantor KPU Manggarai Barat (Mabar).

Fidelis dan Blasius diterima Ketua KPU Manggarai Barat, Robertus V Din didampingi empat  komisioner KPU Manggarai Barat disaksikan Komisioner Bawaslu Mabar. Mereka menyerahkan dokumen berupa berkas dukungan sebanyak lebih dari 20 ribu KTP  ke KPU Mabar sesuai persyaratan yang telah ditetapkan.

Fidelis Pranda menuturkan berkas dukungan berupa KTP diperoleh dari 12 kecamatan di Mabar.

“Kami telah mendapat dukungan berupa KTP beserta surat pernyataan dukungan dari masyarakat di wilayah Manggarai Barat. Hari ini, kami serahkan 20.450  KTP dan surat pernyataan dukungan,” ungkapnya.

Ketua KPU Mabar Robertus V.Din  mengemukakan calon perseorangan yang akan maju di Pilkada Mabar pada tahun 2020 membutuhkan paling sedikit 16.788 KTP. Jumlah tersebut muncul dari 10 persen dari total DPT pemilu sebelumnya yaitu 167.880 pemilih. Setiap calon harus mengumpulkan salinan KTP yang tersebar dari minimal 7 kecamatan se-Manggarai Barat.

“Jadi harus tersebar lebih dari 50 persen kecamatan, di Manggarai Barat kan ada 12 kecamatan artinya harus tersebar di 7 kecamatan, ini minimal dukungannya,” kata Robert.

Dia mengatakan berkas persyaratan yang diserahkan paket PRAJA sebanyak 20.394. Mudah-mudahan berkas tersebut sesuai dengan yang sudah diserahkan.

“Setelah ini kita akan lakukan verifikasi terhadap seluruh dokumen yang diserahkan. Dan verifikasi administrasi faktual, akan turun ke lapangan,” tutur Robert. (bev/ol)