BPS Mabar Rekrut Ratusan Petugas Sensus

berbagi di:

 

 

Gerasimos Satria

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Manggarai Barat merekrut dan melatih 220 tenaga pencacah untuk menyukseskan Sensus Penduduk Konvensional tahun 2020.

 

Kepala BPS Manggarai Barat,Yosef Danu kepada VN, Rabu (5/8) mengatakan untuk menyukseskan Sensus Penduduk (SP) 2020, BPS Kabupaten Manggarai Barat akan merekrut 220 petugas lapangan untuk ditempatkan seluruh wilayah di Kabupaten Manggarai Barat. Pendaftaran petugas sensus dibuka mulai 4-6 Agustus 2020.

 

Dia menyebutkan, dari rencana 220 petugas itu, terdiri dari petugas sensus 220 orang dan 20 orang koordinator sensus kecamatan dan Task Force 14 orang yang akan bertugas di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Manggarai Barat.

 

Secara umum, kata dia, Sumber Daya Manusia (SDM) untuk sensus penduduk ini adalah sekurang-kurangnya menamatkan pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), tidak berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS),diutamakan yang memiliki dan menguasai Gadget/Smartphone dengan spesifikasi browser tertentu,berusia 18-40 tahun. Sedangkan syarat khusus wajib memiliki handphone android. Nantinya, para petugas akan diberi pelatihan terlebih dahulu sebelum turun ke lapangan.

 

Dalam bertugas nantinya, seluruh tenaga sensus penduduk akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, alat pelindung wajah, sarung tangan dan hand sanitizer.

 

“Mereka akan menggunakan APD saat melakukan sensus. Serta peserta yang lulus akan dilakukan rapid test,” ujar Yosef Danu.

 

Yosef Danu menambahkan bahwa BPS Kabupaten Manggarai Barat meminta masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan Sensus Pendusuk 2020. Hal itu penting untuk mendapatkan kualitas data terbaik yang bisa digunakan untuk program-program pemerintah ke depan.

 

Yosef Danu Kepala BPS Manggarai Barat
Yosef Danu
Kepala BPS Manggarai Barat

 

“Harapan kami kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat harus mau disensus dan harus proaktif. Karena manfaat data kependudukan hasil dari Sensus Penduduk 2020 ini sangat strategis,” ujar Yosef Danu. (Yan/ol)