BRI Cabang Kefamenanu Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

berbagi di:
c9aba955-4aa1-47e5-94b1-7ab67421f9e1

 

Bupati TTU Djuandi David bersama Wakil Bupati dan unsur Forkompimda membagi masker bagi pedagang di Pasar Baru Kefamenanu. Fotyo: Gusty/VN

 

 

 

Gusty Amsikan

Bank Rakyat Indonesia (BRI), Cabang Kefamenanu kembali menggelar Bhakti sosial berupa bantuan tanggap darurat BRI peduli, dalam rangka penanggulangan Covid-19. Kegiatan tersebut menyasar para pedagang dan masyarakat pada dua lokasi pasar rakyat di Kota Kefamenanu.

Pantauan VN, Kamis (4/3), kegiatan tersebut digelar di Pasar Baru, Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu turut dihadiri, Bupati dan Wakil Bupati TTU, Djuandi David-Eusebius Binsasi, Ketua DPRD Hendrik Frederikus Bana, Kepala BRI, Hendra Hermawan, Ketua Pengadilan Negeri Kefamenanu, I Made Aditya Nugraha, Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, Kapolres TTU AKBP Nelson Filepe Diaz Quintas, Kadis Kesehatan, Thomas Laka, Dirut PDAM, Boy Salasa, Kadis Perinda, Maxi Akoit, Jubir Satgas Covid-19, Kristo Ukat, serta tamu undangan lainnya.

Pimpinan BRI Cabang Kefamenanu, Hendra Hermawan dalam sambutanya mengatakan, sebagai wujud kepedulian dan rasa terima kasih atas kiprah BRI Cabang Kefamenanu di daerah ini, khususnya dalam mendukung pemerintah daerah dalam penanganan Peduli Covid-19, BRI telah melakukan pembagian 1000 Masker pada wilayah TTU yang dibagi di pasar-pasar antara lain, Pasar Baru, Pasar Lama, Pasar Insana, Pasar Eban, Pasar Lurasik, Pasar Noemuti dan Pasar Wini yang tersebar di Kabupaten TTU, serta pembagian 200 paket sembako ke desa-desa dan kelurahan.

Tak hanya itu, bantuan lain yang disalurkan seperti, 35 buah tempat cuci tangan ke instansi-instansi pemerintah, tempat ibadah dan pasar lama serta Pasar Baru. Pembagian Beasiswa kepada 6 siswa SD dan SMP dengan total 10 juta. Para siswa penerima berasal dari SD Maol, SD Sasi, SD Nian, SMP 1 Biboki Utara dan SMP Fatumfaun.

Selain itu untuk membantu perekonomian masyarakat yang terdampak ekonomi BRI Cabang Kefamenanu, membagikan telah paket sembako sebanyak 500 paket dibagikan kepada panti asuhan, warga lansia, janda/duda dan warga kurang mampu. Ada pula pembagian obat-obatan kepada Rumas Sakit Kusta Naob.

“Ada juga program keselamatan kerja sama dengan Polri selindo untuk bantuan Covid selama 3 bulan kepada sopir bus, ojek dan sopir angkutan umum di wilayah TTU sebanyak 385 penerima dengan nominal Rp. 800 ribu untuk setiap 3 bulan. Sedangkan untuk bantuan yang kita serahkan ke Pemda melalui dinas terkait untuk dibagikan kepada masyarakat di dua lokasi pasar rakyat di Kota Kefamenanu seperti, fiber 4 buah volume 550 liter, masker 7.500 Pcs, vitamin 1.500 strip, sarung tangan 1.000 pasang, tutup Kepala 1.000, hand seniteser 20 liter dan 60 botol muni e tissu 50 rol,” jelasnya.

Hendra juga menambahkan, sejak masa Covid-19 mulai merebak, BRI Cabang Kefamenanu telah menyalurkan bantuan berupa program Indonesia Pintar (PIP), kepada 25.345 Penerima Rp. 12.110.475.000, Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 20.029 penerima Rp. 14.020.300.000 Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebanyak 77 penerima Rp. 3.979.764.00 Banpres Produktif Untuk Usaha Mikro (BPUM) sebanyak 6.371 Penerima Rp. 15.290.400.000 Bantuan Mahasiswa asal Manggarai sebanyak 20 penerima Rp. 18.00.000 Kartu Tani sebanyak 18.731 penerima. Secara total untuk penerimaan Program Bantuan sebanyak 68.573 penerima dan total dana sementara sebanyak Rp. 46.418.939.000,yang telah disalurkan BRI.

Sementara Bupati TTU, Djuandi David, saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada BRI Cabang Kefamenanu yang sejak merebaknya fenomena Covid-19 telah berkontribusi kepada masyarakat di Kabupaten TTU. Sebagaimana yang telah diuraikan Pimpinan Cabang, banyak bantuan dan dukungan dari BRI kepada Pemerintah Daerah dalam mencegah dan menanggulangi Covid-19.

Djuandi juga meminta kepada semua komponen lain yang ada di TTU seperti BUMN, BUMD atau lembaga perbankan lainnya serta para pengusaha yang ada di Kabupaten TTU, untuk bahu membahu dan melakukan hal yang sama seperti apa yang telah dibuat oleh BRI.

“Pemerintah berterima kasih karena BRI telah banyak berbuat. Kita harapkan dari bank-bank lain ikut berpartisipasi mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi masalah Covid-19 di daerah ini. Di sini ada banyak bank, ada Bank NTT, Mandiri, BNI dan pengusaha. Bolehlah sesekali berbagi dari kelebihan yang ada,” tandasnya.

Usai membuka kegiatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati TTU bersama para unsur Forkompimda membagi masker dan hand sanitizer kepada para pedagang di Pasar Baru Kefamenanu.(bev/ol)