Bulog Pastikan Operasi Pasar Saat Nataru Tetap Berjalan

berbagi di:
img-20191202-wa0033

 

Putra Bali Mula

Bulog akan melakukan operasi pasar hingga akhir Desember untuk menjaga stabilisasi harga saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Eko Pranoto selaku Kepala Bulog Divre NTT kepada VN di ruang kerjanya Senin ini (2/12) menyebut operasi pasar akan terus dilakukan.

Ia menegaskan operasi pasar ini nantinya tidak hanya dilakukan di kalangan pedagang atau tempat jualan tetapi dimungkinkan untuk menjangkau masyarakat di pemukiman.

“Bulog siap melakukan operasi pasar jelang Natal dan tahun baru baik nanti di pedagang maupun sampai di pemukiman,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan melalui Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag telah melakukan pemantauan di beberapa pasar di Kota Kupang

Berdasarkan hasil pemantauan dan rapat koordinasi tersebut diketahui harga sembako di Kota Kupang masih stabil. Namun, untuk menjaga keseimbangan harga maka operasi pasar akan terus dilakukan.

Eko menilai pemantauan langsung di pasar yang ada di NTT oleh Kemendag bisa saja dilakukan pada saat mendekati momentum Natal dan tahun baru 2020.

“Karena pemantauan kemarin itu kan pra Natal dan tahun baru, nanti bisa saja ada pemantaun lagi dekat hari-hari besar itu,” kata dia.

Eko menghimbau agar para pedagang dapat menjaga stabilnya harga pasar sesuai yang telah ditetapkan Kementerian Perdagangan dan berada dalam batas wajar untuk dibeli masyarakat.

“Untuk pedagang supaya jangan menaikkan harga seperti yang sudah ditetapkan Kementerian Perdagangan supaya bisa dibeli masyarakat dengan harga yang pantas,” ungkapnya.

Ia menegaskan operasi pasar ini nantinya dapat dilakukan bersama dinas-dinas terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTT. (bev/ol)