Bupati Flotim Pantau Pelaksanaan Pemilu

berbagi di:
img-20190417-wa0063

 
Fregky Keban
Setelah melakukan haknya sebagai warga negara, Bupati Flores Timur, Antonius H. Gege Hadjon setelah memanfaatkan waktunya untuk memantau pelaksanaan pemilu di beberapa titik di wilayah Kabupaten Flotim mulai dari Kecamatan Lewolema hingga kecamatan Kota Larantuka.

Turut hadir memantau bersama Bupati Anton, Kapolres AKBP. Deni Abraham, Dandim 1624 Flotim, Letkol (Inf) Agus Komang, Ketua DPRD Flotim Yoseph Sani Bethan, Setda Flotim Paulus Igo Geroda, Camat Kota Larantuka Yoseph Tua Dolu.

Pantauan VN, di TPS I-Kelurahan Balela, Bupati Anton mencoba mencari tahu soal pelaksanaan pemilu kepada KPPS juga beberapa pihak penyelenggara lainnya di TPS tersebut. Ia juga sempat bertanya kepada warga terkait pemilu.w

Bupati Anton menegaskan pelaksanaan pemilu hingga pukul 13.00 sudah mencapai 70-an persen dan dilaksanakan dengan tertib dan aman.

Meski ia mengakui ada kasus-kasus kecil yang timbul sehingga masyarakat tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

“Itu karena ada yang datang tidak dilengkapi KTP juga dokumen A5nya. Kemudian kapal Feri datang terlambat tapi itu masih bisa karena mereka mau mengejar waktu untuk menggunakan hak pilihnya rata-rata baik semua,” katanya.

Saat ditanya dampak pemilihan umum yang bertepatan dengan hari Rabu Trewa yang merupakan rangkaian dari Prosesi Semana Santa, ia mengaku dampaknya sangat kecil karena rata-rata dari hasil pantauannya di beberapa TPS hanya ada 20-an orang yang tidak hadir. Ketidakhadiran mereka katanya diakibatkan oleh urusan sekolah di luar Flotim.

“Saya lihat malah masyarakat sendiri yang antusias untuk hadir mencoblos. Mungkin lebih pada pilpres yang membuat euforia mayarakat seperti ini. Iya harapan saya pelaksanaan pemilu yang berjalan aman ini bisa dilanjutkan di masa menjelang paskah. Tidak boleh ada euforia berlebihan, kalaupun ada yang menang dan kalah karena hari ini rabu trewa. Saya juga sudah sampaikan kegiatan pemilu akan berhenti sejenak pukul 17.30 wita sebentar untuk memberikan kesempatan kepada warga untuk melakukan pemerenuangan di masing-masing TPS, ” tambahnya. (bev/ol)