Bupati Paulina Resmikan RLH Desa Limakoli

berbagi di:
img-20200916-wa0043

 

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menandatangi prasasti sebagai tanda peresmian dan penyerahan 10 unit RLH Desa Limakoli kepada para penerima pemanfaat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah milik Fons Matau, warga RT 03/RW 02, Dusun Nitanggoen, Rabu (16/9).

 

 

 
Frangky Johannis

 

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Rabu (16/9), melakukan peresmian sekaligus penyerahan 10 unit Rumah Layak Huni yang dibangun dengan Dana Desa (DD) Limakoli, Kecamatan Rote Tengah Tahun Anggaran 2020.

Kedatangan Bupati Paulina didampingi Wakil Bupati Stefanus M Saek, Asisten Administrasi Pemerintahah dan Kesra Untung Harijito, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yames MK Therik, disambut secara adat oleh Camat Rote Tengah Marthen Muskanan, Penjabat (Pj) Kepala Desa Limakoli Yeri Y Fanggidae bersama tokoh adat, para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Rote Tengah, serta warga setempat.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Limakoli Yeri Y Fanggidae dalam laporanya menjelaskan, semenjak menerima mandat untuk memimpin Desa Limakoli, terdapat beberapa masalah yang ditemuinya. Mulai dari temuan inspektorat tahun 2017 hingga 2019, masalah kekurangan air bersih, sanitasi, serta Rumah Tidak Layak Huni (RLTH).

Menurutnya, tahun 2020 dari Dana Desa dialokasikan bagi pembangunan 10 dari 50 unit RLTH yang terdata di wilayah tersebut.
“Dari 50 rumah tidak layak huni, kami sudah bangun 10 unit, tinggal 40 unit, sehingga kami sangat membutuhkan perhatian Pemkab,” kata dia.

Ia menjelaskan, 10 unit RLH yang tersebar di tiga dusun tersebut dibangun menggunakan anggaran Rp 340.000.000. Di mana satu unit di Dusun Taioen, empat unit di Dusun Nitanggoen, dan lima unit di Dusun Oebaan.

Selain itu, Pj Kades Limakoli juga menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemkab Rote Ndao yang telah mengalokasikan dana bagi pembangunan 74 unit MCK bagi masyarakat Limakoli, sehingga dirinya memastikan tahun 2021 desa Limakoli sudah tidak Buang Air Besar Sembarang (BABS) lagi.

Bupati Paulina dalam sambutan peresmiannya mengapresiasi kinerja pemerintah bersama masyarakat Desa Limakoli yang berhasil merealisasikan pembangunan fisik lebih awal.
Menurut Bupati, harapan masyarakat untuk pembangunan RTLH yang tersisa sebanyak 40 unit akan diperhatikan secara bertahap melalui Program Rumah Aladin (Atap, Lantai, dan Dinding yang merupakan program prioritas yang merupakan janji kampanye dirinya bersama Wakil Bupati.

Fons Matau, warga RT 03/RW 02, Dusun Nitanggoen yang dipilih sebagai tempat peresmian secara simbolis menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Limakoli, Kecamatan Rote Tengah, dan Kabupaten Rote Ndao yang sudah membantu membangun rumah miliknya, yang sebelumnya beratap daun lontar dengan dinding papan itu.

Untuk diketahui, acara peresmian dan penyerahan RLH Desa Limakoli tersebut ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati Paulina, dilanjutkan pengguntingan pita, dan pembukaan pintu rumah oleh Wakil Bupati Stafanus M Saek. (Yan/ol)