Bupati Belu Kukuhkan Satgas Saber Pungli

berbagi di:
Ilustrasi saber pungli

Berchmans Nahak

 

 
Bupati Belu Wilibrodus Lay mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Keberadaan satgas perlu bekerja maksimal dalam mencegah praktek pungli yang terjadi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Wili dalam sambutan pengukuhan Satgas Saber Pungli Kabupaten Belu di Gedung Dharma Wanita Betelalenok Atambua, Senin (29/5) pagi.

Menurutnya, sampai saat ini pungli liar masih terjadi dalam pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan lembaga pemerintah maupun swasta.

“Saya mendapatkan laporan terdapat organisasi perangkat daerah (OPD) yang masih melakukan upaya pungutan liar di tingkat masyarakat. Masih ditemukan masyarakat sulit mengurus dokumen karena sistem yang terlalu berbelit, maka saya minta agar satgas segera bekerja melakukan pemantauan, kepada masyarakat. Saya juga meminta agar segera memberikan laporan jika menemukan ada upaya pungli,” tandas Bupati Wili.

Menurut Bupati Wili, pungli merupakan praktek yang sering terjadi karena standar operasional prosedur (SOP) yang kurang jelas. Sehingga Satgas Saber Pungli perlu bekerja sesuai SOP dan menyediakan layanan pengaduan masyarakat.

Ia menyebutkan beberapa fungsi Satgas Saber Pungli diantaranya inteligen, pencegahan, penindakan dengan membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli yang efektif.

Sementara Wakapolres Belu Kompol Oktovianus Wadu Ere selaku Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Belu mengatakan siap melaksanakan tugas memberantas pungli dengan membangun kerjasama lintas sektor dan mengoptimalkan pemanfaatan personel baik dari inteligen hingga masyarakat.

Satgas akan bekerja melakukan pengawasan secara profesional dan siap menindak secara hukum oknum nakal di lapangan.

“Selaku ketua, saya siap melaksanakan tugas, bersama anggota yang lainnya. Kita akan bekerjasama dan berkoordinasi untuk melakukan pengawasan lebih baik, agar tidak lagi terjadi pungli yang merugikan masyarakat,” tandasnya.

Satgas Saber Pungli Kabupaten Belu terdiri dari 47 orang yang tergabung dari unsur Kepolisian, Imigrasi, Bea Cukai, Kejaksaan, Inspektorat dan OPD terkait lainnya. Pengukuhan ditandai dengan penyematan pin oleh Bupati Belu didampingi para pengarah seperti Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan, Ketua DPRD, Januaria Awalde Berek, Sekda Belu, Petrus Bere, Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan, Dandim 1605 Belu, Letkol (Czi) Nurdihin Adi Nugroho dan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 712/Wiratama.