Butuh 6.659 Orang untuk Sukseskan Pilkada Kabupaten Kupang

berbagi di:
Ilustrasi pilkada NTT

Yes Balle

Pelaksanaa Pemilihan Kepala Daerah-Wakil Kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur akan melibatkan ribuan penyelenggara dari tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Saat ini KPU Kabupaten Kupang sedang mempersiapkan rekruitmen penyelenggara dari tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan/desa serta KPSS yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua KPU Kabupaten Kupang Hans Ch Louk kepada VN, Senin (2/10) mengatakan untuk tingkat PPK akan direkrut lima orang dan tiga tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk 24 kecamatan di Kabupaten Kupang, pihaknta membutuhkan tenaga PPK sebanyak 120 orang ditambah 72 tenaga sekretariat sehingga total 192 orang.

Untuk tingkat kelurahan dan desa masing-masing anggota PPS berjumlah tiga orang ditambah tiga tenaga sekretariat. Butuh 1.062 orang untuk 177 desa.

Sementara KPPS yang bertugas di TPS, jelas Hans Louk, berjumlah sembilan orang. Sementara TPS berjumlah 600, sehingga petugas yang akan direkrut 5.400 orang. Dengan demikian, total penyelenggara Pilkada Kabupaten Kupang menjadi 6.659 termasuk lima orang komisioner KPU Kabupaten Kupang.

Juru Bicara KPU Kabupaten Kupang Imanuel W Ballo menambahkan, pembentukan PPK dan PPS sedang diproses dan diharapkan PPK dan PPS sudah terbentuk bulan November mendatang.

Sementara tahapan penyerahan syarat pencalonan dari jalur perseorangan atau indepeden dijadwalkan 25 – 29 November mendatang. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi syarat pencalonan dari jalur perseorangan yang berakhir 26 Desember mendatang.

Imanuel Ballo menambahkan, saat ini KPU Kabupaten Kupang sudah mempersipakan jadwal dan tahapan Pilkada, sehingga bisa bekerja sesuai aturan dan jadwal.

Informasi yang dihimpun VN, saat ini pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Kupang dari jalur independen yang sudah siap maju dan bertarung dalam Pilkada Kabupaten Kupang yakni Melianus Akulas dan Nixon Tefbana.

Sementara dari jalur partai politik yakni pasangan bakal calon Korinus Masneno dan Jerry Manafe yang diusung Partai NasDem dan Golkar Kabupaten Kupang.

Bakal Calon Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengatakan, proses politik Pilkada Kabupaten Kupang terus bergulir. Ia berharap dukungan masyarakat Kabupaten Kupang supaya bisa.

Bakal Calon Bupati Kupang dari jalur independen Melianus Akulas menambahkan, bersama pasangannya mereka telah menyatakan kesiapan untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Kupang. Untuk itu, dukungan keluarga dan masyarakat Kabupaten Kupang sangat penting dan sangat strategis.