Cara Mudah Jaga Tubuh Langsing Saat Libur Tahun Baru

berbagi di:
makan buah

 

 

Selama perayaan Natal dan jelang tahun baru tubuh sering dimanjakan dengan banyak makanan enak. Jika tak dikontrol, jangan kaget jika berat badan mendadak bertambah.

Agar berat badan tidak bertambah usai libur panjang Natal dan Tahun Baru sebaiknya atur waktu berolahraga. Mengutip Express, selain mengatur waktu olahraga, juga ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap fit selama libur Natal dan Tahun Baru.

1. Nikmati makanan ringan


Menurut Readle, psikolog olahraga dan kebugaran mengonsumsi makanan ringan sebelum makan malam bersama keluarga dapat mengurangi nafsu makan. Dengan begitu pada saat makan malam, jangan mengonsumsi makanan yang berlebihan.

2. Jangan melewatkan jam makan
Sebagian besar orang sering menunda waktu makan mereka, harapannya bisa membuat nafsu makan hilang. Padahal kenyataannya hal tersebut dapat menambah berat badan. Sebaiknya tetap makan di waktu yang tepat.

3. Minum air putih
Saat menikmati perayaan Natal, tanpa disadari tubuh mengalami dehidrasi. Entah karena terlalu senang akibat banyak keluarga berkumpul atau karena kebanyakan makan camilan dan lupa minum.

Sebaiknya jaga kondisi tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Minum air putih 30 menit sebelu makan bisa memperbaiki pencernaan dan membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi.

4. Buah dan Sayuran
Pastikan hidangan Natal yang dikonsumsi mengandung buah dan sayuran. Jangan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan yang berlemak karena akan membuat berat bada mudah bertambah. Buah dan sayuran bisa melancarkan pencernaan dan menjaga energi untuk tetap maksimal.

5. Konsumsi makanan sehat
Tinggalkan makanan yang tidak sehat dan dapat menambah berat badan. Konsumsilah makanan yang rendah kalori. Makanan ringan yang mengandung protein bisa dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga.

6. Waktu untuk berolahraga
Perayaan Natal tentunya akan memakan banyak waktu untuk bertemu dan berkumpul dengan banyak orang. Meskipun banyak waktu terpakau untuk perayaan Natal, sebaiknya sediakan waktu untuk diri sendiri. Dengan begitu tubuh bisa berolahraga dan tidak ada alasan untuk melewatkan waktu olahraga.

7. Aktivitas di luar
Suansana rumah yang nyaman jangan membuat Anda merasa terkunci. Nikmati udara segar di luar rumah dan bertemu dengan banyak orang. Jalan-jalan di sekitar rumah bisa menjadi pilihan alternatif dan juga menjadi salah satu kegiatan yang sehat dan menyenangkan.

Saat bersama dengan teman lakukan permainan yang menyenangkan agar tubuh tetap bergerak dan membakar kalori yang ada dalam tubuh. 

 

Sumber: CNN