Dapatkan Tenun Asli NTT di Exotic Tenun Fest

berbagi di:
img_20210303_185655

 

 

 

 

Putra Bali Mula

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi NTT akan menggelar event Exotic Tenun Fest yang nantinya dimulai pada tanggal 22 hingga 24 Maret 2021 mendatang.

Event ini untuk memperkuat tenun sebagai identitas maha karya dan warisan budaya leluhur bernilai tinggi untuk mendukung program pemulihan ekonomi dan peningkatan kapasitas UMKM.

Hal tersebut disampaikan I Nyoman Ariawan Atmaja selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTTsecara virtual dalam rangkaian pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Rabu (3/3).

Exotic Tenun Fest ini menanggapi omzet penjualan tenun yang menurun akibat pandemi. Untuk itu ia ingin festival ini dapat menggairahkan kembali penjualan dan memberi pendapatan bagi UMKM di NTT.

Ia berharap dukungan masyarakat, stakeholder dan media untuk mendorong banyak pihak agar dapat berpartisipasi aktif dalam event ini.

“Ayo ketong ikut festival tenun 2021,” ajak Nyoman.

Untuk diketahui kegiatan tiga hari ini dikemas dengan fashion show yang bekerjasama dengan desainer lokal. Ada juga sesi edukasi tentang nilai dan filosofi tenun NTT dan bisnisnya. Nantinya juga diadakan live penjualan yang dilakukan bersama artis dan talent untuk promosi dan menarik pembeli.

Tidak hanya itu, diadakan juga business matching pada tiga hari tersebut. Ada juga lomba-lomba yang digelar seperti lomba selfie dengan tenun, vlog edukasi tenun, desain busana tenun dan lomba TikTok busana tenun.

Daniel Agus Prasetyo, Kepala Tim SP, PUR dan MI – Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT pada kesempatan yang sama di Dekranasda NTT siang itu (3/3) ikut menegaskan perihal kegiatan tersebut.

BI NTT juga telah menyiapkan 600 undangan bagi pembeli potensial (buyers). Ada 10 UMKM yang dilibatkan termasuk Dekranasda NTT, Dekranasda Kupang, Dekranasda Belu dan berbagai rumah tenun lainnya.

Ada 800 produk disiapkan dengan nilai mencapai Rp 1 miliar. Nantinya acara ini disiarkan secara langsung melalui www.exotictenunfest.com. Tanda pagar khusus untuk event ini ialah #ExoticTenunFest.

Daniel juga menyebut pihaknya akan menjajaki pasar luar negeri untuk dapat melakukan ekspor ke luar negeri. Setelah event inipun para pembeli potensial akan terus diakomodir agar UMKM tenun NTT terus hidup di kancah global.

“Pasar ekspor kami akan jajaki berkoodinasi dengan lima Bank Indonesia di luar negeri,” tukasnya.

Ketua Dekranasda NTT, Julie Laiskodat, dalam kesempatan yang sama meminta BI NTT ikut membantu pihaknya untuk mendapatkan hak paten dari produk-produk NTT, tidak hanya tenun.

Dekranasda NTT juga ingin BI NTT memberikan masukan dan rekomendasi tentang produk NTT khususnya tenun sesuai dengan segmentasi permintaan suatu negara tanpa mengurangi identitas dan originalitas tenun NTT. (bev/ol)