Dekatkan Pelayanan dengan Simade dan Samsat Delivery

berbagi di:
DOK/SATLANTAS SUMBA TIMUR PANTAU PELAYANAN: Kasat Lantas Polres Sumba Timur Iptu Bery Y Nathaniel (kedua dari kiri), Camat Umalulu Nangan Ranja Rua (ketiga dari kiri), memantau pelayanan Simade dan Samsat Delivery di Mapolsek Umalulu, Kamis (23/8).

Kasat Lantas Polres Sumba Timur Iptu Bery Y Nathaniel (kedua dari kiri), Camat Umalulu Nangan Ranja Rua (ketiga dari kiri), memantau pelayanan Simade dan Samsat Delivery di Mapolsek Umalulu, Kamis (23/8). Foto: DOK/SATLANTAS SUMBA TIMUR

 

Frangky Johannis

Kepolisian Resor (Polres) Sumba Timur melalui satuan fungsi Lalulintas (Satlantas), terus berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Berbagai program terobosan di antaranya pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga ke desa-desa dengan tag line SIM Masuk Desa (Simade), serta Samsat Delivery.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Sumba Timur AKBP Victor MT Silalahi yang dikonfirmasi melalui Kasat Lantas Iptu Bery Y Nathaniel, Jumat (24/8).

Menurut Bery, tujuan dilaksanakannya Simade dan Samsat Delivery adalah untuk lebih mendekatkan pelayanan kepolisian khususnya yang dilaksanakan satuan fungsi Lalulintas kepada masyarakat yang bermukim di desa-desa.

Pada Kamis (23/8), pihaknya menggelar pelayanan di wilayah Kecamatan Umalulu. Dalam kegiatan tersebut, sedikitnya ada 38 permohonan SIM baru dan tujuh perpanjangan yang dilayani di Mapolsek Umalulu.

“Layanan Simade merupakan upaya Satlantas Polres Sumba Timur untuk memperluaskan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena selama ini banyak permintaan masyarakat yang ingin memiliki SIM, tetapi terkendala jarak dan waktu. Sehingga, Satlantas hadirkan Simade untuk mempermudah masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Bery, bagi masyarakat yang ingin membuat SIM, namun tinggal di desa terpencil, yang jaraknya jauh dari Polres, maka cukup melapor ke kantor kecamatan dan Polsek terdekat. Polsek akan mendata, jika peminatnya cukup, maka tim Satlantas Polres Sumba Timur akan menjemput bola dengan melakukan pengujian di sana.

DOK/SATLANTAS SUMBA TIMUR Sejumlah masyarakat di Kecamatan Umalulu terlihat antre untuk mendapat pelayanan saat pelaksanaan Simade dan Samsat Delivery di Mapolsek Umalulu, Kamis (23/8).
DOK/SATLANTAS SUMBA TIMUR
Sejumlah masyarakat di Kecamatan Umalulu terlihat antre untuk mendapat pelayanan saat pelaksanaan Simade dan Samsat Delivery di Mapolsek Umalulu, Kamis (23/8).

Selain itu, kata Bery, pihaknya juga memberikan pelayanan Samsat Delivery kepada masyarakat Kecamatan Umalulu, khususnya pelayanan registrasi dan identifikasi (regident) kendaraan bermotor langsung ke desa-desa, dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. Memberikan pelayanan yang baik dengan prinsip pelayanan prima serta peningkatan kwalitas dan kwantitas sebagai wujud pertanggung jawaban atas sarana dan prasarana yang baik. Terkadang wajib pajak kendaraan bermotor yang bermukim di desa terkendala jarak dan kesibukan sehari-hari, sehingga tidak sempat untuk membayar pajak saat jatuh tempo. Seingga, bagi masyarakat bisa melalui Samsat Delivery, yakni pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui pesan-antar, dengan menghubungi call center Samsat untuk minta diuruskan pembayaran pajaknya.

“Seluruh program yang dilaksanakan Satlantas tersebut, selain mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di desa-desa, juga sebagai upaya menumbuhkan kepercayaan (trust building) masyarakat terhadap Polri,” pungkasnya.

Ngabi Manuratu, warga Desa Lairuru, Kecamatan Umalulu yang mengurus perpanjangan SIM C dan STNK sepeda motor miliknya mengapresiasi pelaksanaan Simade dan Samsat Delivery di Kecamatan Umalulu.

Menurutnya, dengan pelaksanaan Simade dan Samsat Delivery di kecamatan, maka dirinya tidak mengeluarkan banyak uang untuk mengurusnya di Waingapu. Selain itu, dari sisi waktu juga tidak terbuang karena sudah diagendakan sebelumnya.

“Kami tidak buang waktu dan uang sampai ke Waingapu untuk mengurus perpanjangan SIM dan STNK. Kita hanya cek hari dan jama pelaksanaan Simade dan Samsat Delivery di kecamatan. Ini sangat membantu kami masyarakat desa,” ujarnya.

Camat Umalulu Nangan Ranja Rua berharap Satlantas Polres Sumba Timur terus melaksanakan kegiatan Simade dan Samsat Delivery di wilayahnya, sehingga masyarakat terbantu mengurus kelengkapan diri dan kendaraan mereka, agar terhindar dari risiko pelanggaran lalu lintas. (bev/ol)