Dekranasda NTT Dukung Usaha Pelaku UKM

berbagi di:
img-20201119-wa0006

 

 

 

 

Sinta Tapobali

Dukungan dan kepedulian yang ditunjukkan oleh Dekranasda Provinsi NTT, begitu dirasakan oleh para pelaku UKM saat ini.

Bukan hanya mendukung, tetapi Dekranasda NTT juga memfasilitasi bahkan siap untuk membeli produk-produk yang diproduksi oleh para pelaku UKM.

Salah satu pelaku UKM yang begitu merasakan dampak dan dukungan dari dekranasda NTT yakni Febby Nite.

Febby Nite merupakan salah satu pelaku UKM yang bergerak di usaha handicraft, kerajinan tangan berbasis rajutan tenun NTT dan usaha kuliner makanan cepat saji, bose dan katemak.

Ia mengatakan keberadaan Dekranasda NTT sangat membantu para pelaku UKM salah satu dirinya.

Feby yang telah menekuni usaha handicraft sejak beberapa tahun ini mengaku sangat terbantu dengan kerjasama antara UKM miliknya bersama dekranasda NTT.

Menurutnya, setiap produk yang masuk ke Dekranasda NTT langsung dibayar putus sehingga sangat membantu para pelaku UKM untuk melakukan perputaran biaya produksi. Hanya membutuhkan waktu dua hingga tiga hari, bayaran atas produk-produk yang ia masukkan ke Dekranasda NTT dibayar.

Kerjasama ini sudah terjalin sejak tahun 2018 dan hal ini tentu sangat membantu nya untuk melakukan perputaran biaya produksi dan pembelian bahan-bahan baru khususnya kain motif NTT untuk dibuatkan kerajinan tangan yang baru.

“Yang paling utama dan terutama di Dekranasda provinsi adalah, produk yang masuk ke Dekranasda langsung di bayar putus. Ini terasa sekali untuk kami UMKM, karena ketika produk kami keluar dari rumah produksi, ada harapan untuk uang segera masuk ke kas kami untuk bisa kami pergunakan kembali untuk belanja bahan dan perputaran uang di produksi kami. Tidak seperti di tempat lain ketika kami masukkan produk, sistemnya ada ‘titip’, sehingga ketika barang laku baru kami bisa ambil uangnya. Itupun biasan di akumulasi ke srtiap minggu atau setiap bulan,” jelasnya kepada VN Kamis (19/11) siang.

Menurutnya, dukungan yang paling penting diberikan oleh Dekranasda NTT adalah dukungan promosi produk yang bukan saja dilakukan dan berjalan di NTT tapi promosi produk ini juga dilakukan dekranasda hingga keluar NTT.

“Promosi produk kami bukan cuma berjalan di dalam NTT saja tapi justru lebih kepada promo keluar. Setiap tamu dari luar NTT yang datang juga selalu diarahkan ke Dekranasda Provinsi,” tambahnya.

Selain usaha kerajinan tangan, Febby juga menekuni usaha bisnis kuliner makanan cepat saji yakni bose dan katemak. Meski usaha yang satunya ini baru berjalan dua bulan tetapi berkat promosi dari Dekranasda NTT, kuliner ini sudah dijual di cafeteria milik Dekranasda bahkan juga dipromosikan hingga ke dinas-dinas maupun ke perbankan.

Ia sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan Dekranasda NTTNTT kepada dan kepada para pelaku UKM lainnya. (bev/ol)