Dewan Diminta Tuntaskan Perda Olahraga

berbagi di:
viktor-haning_20170320_210734

Ketua National Paralympic Committee (NPC) NTT Victor Haning

 
DPRD NTT yang baru dilantik diminta untuk memperhatikan para atlet berprestasi di NTT. Salah satu bentuk perhatian terhadap para atlet adalah menuntaskan Ranperda Olahraga yang sudah dibahas anggota Dewan periode lalu.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) NTT Victor Haning kepada VN, Sabtu (5/10) meminta Dewan untuk menuntaskan Perda Olahraga yang didalamnya menegaskan bentuk apresiasi terhadap atlet berprestasi. Bukan hanya itu,

Dewan juga harus memperjuangkan anggaran untuk pembinaan atlet dari tingkat dasar atau pemula sampai senior agar dapat memberi daya rangsang supaya bisa bersaing dengan daerah lain.

Ia berharap ada perhatian dari pemerintah terhadap atlet yang berprestasi, seperti bisa mendapat pekerjaan yang layak di sektor swasta maupun negeri untuk menghidupi keluarga mereka.

“Dewan mempunya fungsi dan hak anggaran, sehingga bisa mendiskusikan dengan pemerintah untuk merealisasikanya. Persoalannya adalah seberapa besar kemauan Dewan untuk serius membahas dengan pemerintah untuk meningkatkan perhatian di dunia olahraga,” tandasnya.

Untuk atlet-atlet pelajar, dia berharap harus ada kebijakan dari pihak sekolah tentang ijin dan pelajaran yang terlambat akibat pertandingan yang harus dilakukan bertepatan dengan jam sekolah.

Terpisah, Ketua Umum Pengurus Asosiasi Futsal Provinsi NTT Jimmy Sianto juga berharap ada perhatian yang serius dari pemerintah dan DPRD terhadap pembinaan olahraga di NTT.

“Lewat DPRD periode sebelumnya yang kebetulan saya sebagai Ketua Komisi V yang memprakarsai Ranperda Olahraga meminta agar ranperda itu harus segera diterapkan. Membangun infrastruktur, pendidikan (SDM), kesehatan, kebudayaan, dan pariwisata itu memang penting, akan tetapi membangun olahraga tentunya juga sangat penting,” tegasnya.

Ia berharap pemerintah turut partisipasi membangun SDM untuk menciptakan prestasi yang dapat mengangkat nama daerah dan negara di mata dunia. Pemerintah dan DPRD diharapkan tingkatkan perhatian pada atlet dan pelatih. (mg-22/C-1)