Dewan Warning Pimpinan OPD Awasi SPPD

berbagi di:
Alex Ofong

 

 

Ayub Ndun

Ketua Fraksi Hanura DPRD NTT Refafi Gah meminta agar perjalanan dinas tiap OPD perlu ditertibkan. Jika ada temuan, maka oknum ASN harus mendapat sanksi tegas. Manipulasi dana perjalanan dinas masuk dalam tindakan penipuan yang harus dibina atasannya.

“Apalagi memanipulasi angka uang, itu sebenarnya sudah masuk unsur penipuan sehingga perlu dilakukan pembinaan oleh atasannya dan diberikan sanksi,” ujarnya.

Pemerintah pun harus melihat harga tiket yang mengalami fluktuatif. Jika harga tiket melebihi harga yang ditetapkam dalam perjalanan dinas tentu mereka akan menanggung kekurangan tersebut akhirnya bermuara melakukan manipulasi angka rupiah.

Ia menyarankan Pemprov NTT melakukan kerja sama dengan maskapai untuk dapat menentukan angka batas atas (harga tertinggi) dan angka batas bawah (harga terenda). “Ini pembelajaran bagi kita, untuk bisa dicermati semua pihak/dinas yang melakukan perjalanan dinas,” sebut Refafi yang juga Ketua DPD Hanura NTT itu.

Anggota Fraksi PKB Ana Kolin mengatakan ke depan setiap OPD harus waspada agar pelaksanaan perjalanan dinas dilakukan sesuai rujukan rencana kebijakan anggaran (RKA) tiap dinas.

Ia mengakui harga tiket sering fluktuatif, tetapi perjalanan dinas harus sesuai pagu anggaran dalam RKA. Tentu hal ini dapat menimalisir manipulasi perjalanan dinas. “Temuan BPK maupun Inspektorat terkait perjalanan dinas harus menjadi sebuah rujukan perjalanan dinas yang baik dan benar selanjutnya,” pungkasnya.

Ketua Fraksi Nasdem Alexander Take Ofong meminta agar seluruh OPD lingkup NTT memperketat pengawasan terhadap perjalanan dinas secara internal dari Kepala dinas dan sekretaris. OPD yang melakukan perjalanan dinas harus menyesuaikan dengan harga tiket saat itu (actual cost).
Politisi NasDem itu merasa heran karena tiket perjalanan itu terekam dalam manifest sehingga tidak bisa ditipu tetapi masih saja terdapat manipulasi dana perjalanan dinas.

“Dan dipastikan semua harus actual cost kalau tiket pesawat dan harusnya tercatat di manifest maka tidak bisa ditipu? Jadi ini sebenarnya sistem sudah bagus, tinggal pengawasan saja dan etiket baik masing-masing pengguna,” ungkapnya. (mg-18/S-1)