Dinas P dan K NTT segera Membenahi Penyaluran Dana BOS

berbagi di:
Linus Lusi Kadis P dan K Provinsi NTT
Linus Lusi
Kadis P dan K Provinsi NTT

 

 

 

Kekson Salukh

DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K ) Provinsi NTT berencana untuk membenahi mekanisme penyaluran dana BOS tingkat SMA se-NTT. Hal ini dilakukan agar pengelolaan dana Bos lebih transparan.

 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi yang diwawancarai VN di kantor Gubernur NTT, Jum’at, (7/8) siang.

 

Ia menegaskan, dana bantuan operasional sekolah (BOS) tingkat SMA di seluruh NTT harus dikelolah secara transparan. Karena itu, Menurut Linus, Dinas P dan K provinsi NTT akan membenahi penyaluran dana BOS ke rekening sekolah hingga pemanfaatan benar-benar transparan dan terbuka dari pihak sekolah.

 

“Kita akan benahi penyaluran dana BOS misalnya penyaluran itu langsung masuk ke rekening sekolah. Sekolah dengan tim manejemen dana BOS internal harus ada transparansi dan keterbukaan sehingga dalam pembelanjaan bisa dikerjakan secara kolektif. Pertanggungjawaban keuangan juga lagi digenjot agar dipertanggungjawabkan dengan baik,” jelasnya.

 

Ia berharap, masalah dana BOS di NTT berkurang dan tidak terus meningkat setiap tahun akibat kemampuan leadership maupun manajerial kepala sekolah yang lemah.

 

“Kepala sekolah kalau tidak tahu tanya, ragu-ragu konsultasi, dan kalau tahu yah kerja dalam satu sistem dan mekanisme yang harus dibangun secara baik dan benar.” tegasnya. (Yan/ol)