Dinas Perpustakaan Siapkan Layanan ePerpusNTT dan Go Book

berbagi di:
img-20200824-wa0027

 

Stefanus R Oedjoe
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustaakan NTT

 

Sinta Tapobali

 

PEMERINTAH Provinsi NTT melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT telah mengembangkan program pengembangan baru yakni Perpustakaan berbasis digital atau ePerpusNTT dan juga Go Book atau layanan pesan antar buku.

 

ePerpusNTT ini akan dilaunching oleh Gubernur NTT dalam waktu dekat. Kendati demikian, ePerpusNTT ini sudah dapat diakses oleh masyarakat umum. Sedangkan untuk layanan Go Book sudah berjalan sejak 22 Juni 2020.

 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustaakan NTT, Stefanus R Oedjoe ketika di wawancarai VN di ruang kerjanya, Senin (24/8) siang.

 

Menurutnya, untuk dapat menggunakan aplikasi ePerpusNTT ini, masyarakat dapat mendownload langsung aplikasi versi android melalui Play Store dan mendownload langsung aplikasi versi Windows melalui website.

 

“Caranya Buka Play Store di HP Android kemudian ketik pencarian ePerpusNTT, lalu pilih icon ePerpusNTT. Kemudian silahkan install lalu lakukan pendaftaran melalui akun Facebook atau email, kemudian cek email untuk aktivasi pendaftaran lalu masyarakat sudah bisa membuka dan mengakses aplikasi ePerpusNTT,” jelasnya.

 

Sedangkan untuk layanan Go Book, tersedia dua prosedur pemesanan buku baik secara mandiri maupun melalui petugas. Bagi pemustaka yang ingin memesan buku secara mandiri maka pemustaka tersebut dapat membuka alamat website Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT melalui Link www.arpus.nttprov.go.id lalu pilih layanan perpustakaan kemudian pilih Online Public Access Catalog (OPAC).

 

Kemudian pemustaka dapat menelusuri buku yang ingin dicari dan dipesan, jika tersedia maka klik pesan secara otomatis akan diarahkan login untuk memasukkan nomor anggota dan password.

 

“Setelah pemustaka memesan buku yang dicari maka petugas akan segera mengantar dan jangka waktu peminjaman tujuh hari dan maksimal peminjaman dua buku,” jelasnya lagi.

Sedangkan untuk prosedur pemesanan melalui petugas, pemustaka melakukan pemesanan melalui grup WhatsApp Go Book, dengan cara men-screenshot hasil pencarian koleksi buku pada OPAC atau bisa secara langsung melakukan request judul buku yang dicari kemudian petugas akan mengantarkannya.

 

“Pengantaran akan dilakukan pada hari Selasa dan Jumat pukul 08.00 sampai dengan 15.00. Petugas hanya melayani pengantaran, sedangkan untuk pengembaliannya dilakukan secara mandiri ke perpustakaan namun khusus untuk pemesanan yang lanjut usia dan disabilitas akan dilayani antar dan jemput buku,” tambahnya.

 

Lanjutnya, aplikasi ePerpusNTT ini sangat cocok digunakan apalagi dalam kondisi pendemi saat ini. Ia berharap dengan adanya aplikasi perpustakaan digital ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat NTT.

 

“Masyarakat tidak perlu datang ke perpustakaan lagi tetapi dengan adanya aplikasi ini bisa membaca buku dari mana saja. Ini merupakan puncak semua layanan di perpustakaan. Selain itu untuk masyarakat yang ingin meminjam tidak perlu lagi datang ke perpustakaan tetapi dengan adanya program Go Book, maka masyarakat tinggal memesan buku dan petugas kami siap untuk antar,” pungkasnya.

 

Ia juga mengatakan untuk mendukung program pariwisata pemerintah NTT saat ini, khususnya untuk tujuh objek destinasi yang saat ini dikembangkan, maka dinas juga akan menyediakan layanan perpustakaan di tujuh objek wisata ini, baik dengan menyiapkan perpustakaan secara fisik maupun perpustakaan digital. (Yan/ol)