Diprediksi 500-600 Ekor Kuda Ikut Bupati Cup 2017

berbagi di:
Inilah suasana pendaftaran hari kedua Palapang Njara Bupati Sumba Timur Cup 2017, di Lapangan Pacuan Kuda Rihi Eti, Kelurahan Prailui, Kecamatan Kambera, Sabtu (21/10).

Inilah suasana pendaftaran hari kedua Palapang Njara Bupati Sumba Timur Cup 2017, di Lapangan Pacuan Kuda Rihi Eti, Kelurahan Prailui, Kecamatan Kambera, Sabtu (21/10).

 

Frangky Johannis

Dua hari jelang penutupan pendaftaran Palapang Njara Bupati Sumba Timur Cup 2017, banyak kuda pacu dari kabupaten tetangga, seperti Sumba Tengah dan Sumba Barat mulai berdatangan.

Tercatat pada pendaftaran hari kedua, Sabtu (21/10), 137 ekor kuda pacu didaftar para pemiliknya di Lapangan Pacuan Kuda Rihi Eti, Kelurahan Prailui, Kecamatan Kambera hingga penutupan sekitar pukul 17.15 Wita.

Ketua Pengcab Pordasi Sumba Timur Felix Wongkar yang dihubungi, Minggu (22/10), mengatakan, pendaftaran Sabtu (21/10), terpaksa dihentikan sekitar pukul 17.15 Wita, walaupun masih sekitar puluhan kuda yang antre di loket pendaftaran untuk didaftar.

“Kami terpaksa menempuh kebijakan menunda pendaftaran sejumlah kuda yang datang petang kemarin karena sudah mulai gelap. Hal itu juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat pengukuran kuda. Para pemilik kuda pun memahami kondisi tersebut dan membawa pulang kuda mereka untuk didaftarkan Senin (23/10),” katanya.

Ia berharap, para pemilik kuda bisa membawa kudanya untuk didaftarkan pada Senin-Selasa (23-24/10), mulai pukul 09.00-pukul 17.00 Wita.

Ia memprediksi jumlah kuda yang akan mengambil bagian dalam Bupati Cup ini akan mencapai 500-600 ekor karena merupakan ajang penutup pacuan kuda di daratan Sumba.

 
Sudah 267 Kuda
Armyn Hamanai, salah seorang penitia seksi pendaftaran kepada VN menjelaskan, hari kedua pendaftaran, kemarin, tercatat 137 ekor kuda pacu yang didaftarkan para pemiliknya.

Kuda-kuda yang didaftrakan tersebut, yakni kelas Pemula Mini terdaftar 46 ekor, Kelas Pemula 1 sebanyak 28 ekor, Kelas Pemula 2, 22 ekor, Kelas Pemula 3, tiga ekor, Pemula Super dua ekor, Kelas A dua ekor, Kelas AA satu ekor, Kelas B empat ekor, Kelas C empat ekor,
Kelas D tujuh ekor, Kelas D Mini empat ekor, Kelas E 10 ekor, dan Kelas EE empat ekor.

Sama seperti hari pertama,kata dia, satu kelas yang belum ada pendaftar, yakni kelas E Super. Menang sudah ada kuda pendatang baru yang melakukan pengukuran dan masuk kategori kelas E Super, namun pemiliknya belum mau didaftarkan karena pertimbangan akan bersaing dengan kuda-kuda juara bertahan yang selalu menjuarai kelas tersebut.

“Dari dua hari pendaftaran, tercatat 237 kuda pacu sudah memastikan diri ikut dalam Palapang Njara Bupati Cup 2017,” Katanya.
Wanja, pelatih kuda pacu Gold Boster di Kelas B dan Masih Ada rasa di Kelas AA, yang merupakan langganan final pacuan kuda di
Lapangan Rihi Eti mengatakan, kuda-kuda andalannya akan didaftarkan Senin (23/10), hari ini.

Menurutnya, kedatangan ke tempat pendaftaran, kemarin, hanya ingin melihat calon-calon lawan yang telah mendaftar pada hari pertama dan kedua.