DPRD NTT Alokasikan Rp20 Miliar untuk PON XX di Papua 2021

berbagi di:
img-20201123-wa0012

 

Muhammad Ansor
Wakil Ketua Komisi V DPRD NTT

 

 

 

Sinta Tapobali

 

 
DPRD NTT, telah mengalokasikan anggaran melalui pos dana hibah untuk para atlet NTT yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua pada Oktober 2021.

Anggaran yang dialokasikan untuk Perhelatan Olahraga Nasional itu sebesar Rp20 miliar, yang dikucurkan dari anggaran APBD Tahun Anggaran 2021.

“Sudah dialokasikan sebesar 20 Miliar, untuk PON XX Papua 2021. Dianggarkan dalam pos hibah di Dispora peruntukannya untuk PON. Nanti teknisnya akan diatur pemerintah lewat Pergub untuk Dana Hibah,” jelas Wakil Ketua Komisi V DPRD NTT, Muhammad Ansor kepada VN pada Senin, (23/11) pagi.

Muhammad Ansor dalam kesempatan ini meminta kepada para atlet NTT yang lolos menuju PON, agar bisa menyabet prestasi di PON XX 2021 di Papua mendatang.

Untuk itu ia meminta kepada para atlet yang akan berlaga di Perhelatan Olahraga Nasional tersebut untuk mempersiapkan diri dan berlatih dan menjaga kesehatan di tengah pandemi saat ini.

Ia juga berharap agar para atlet dapat menyabet medali terutama emas seperti yang telah ditargetkan oleh KONI NTT dan bila perlu melampaui dari target tersebut.
“Target medali terutama emas seperti yang ditargetkan KONI NTT, bila perlu lampaui target tersebut,” pintanya.

Sedangkan Kepala Dinas Pemuda dan Olaraga Provinsi NTT, Hildergardus Bria Seran yang ditemui VN di ruang kerjanya pada Senin (23/11) siang, mengatakan bahwa anggaran yang dialokasikan dalam bentuk dana hibah sebesar Rp 29 Miliar lebih.

Dari total anggaran ini, menurutnya 10 Miliar berdasarkan informasi akan diperuntukan untuk kegiatan Pesparani dan sisanya 19 Miliar lebih akan diperuntukan untuk PON. Namun Diaspora masih akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Badan Keuangan Daerah terkait jumlah anggaran pasti yang akan dihibahkan untuk peruntukan kegiatan PON XX di Papua mendatang.

Dalam kesempatan ini, Hilda menyampaikan bahwa ada 87 atlet yang lolos menuju PON, yang berasal dari 10 cabang olahraga di antaranya Kempo, Tinju, Atletik, Pencak Silat, Tarung Drajat, Taekwondo, Sepak Bola, Wushu, Kricket dan Muaitai.

Dari 87 atlet tersebut, 27 atlet merupakan atlet binaan Dispora yang saat ini sedang menjalani latihan di Sentra PPLP dan PPLMD, sedangkan sisanya sedang menjalani latihan di bawah naungan masing-masing pengurus cabang olahraga provinsi.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa anggaran yang dialokasikan tersebut akan diberikan ke KONI, melalui Dispora dan akan diteruskan oleh KONI ke 10 cabang olahraga yang lolos ke PON.

Anggaran yang dialokasikan ini juga diperuntukkan untuk kegiatan sentralisasi maupun desentralisasi yang dilakukan oleh para atlet sebelum menuju PON. Dispora juga akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan KONI dan masing-masing pengurus provinsi masing-masing cabor, untuk mengetahui sejauh mana persiapan para atlet yang nantinya akan bertanding dalam ajang PON tersebut.

Ia berharap para atlet yang lolos ke PON XX di Papua tahun 2021 ini, dapat menampilkan yang terbaik dan berjuang untuk memperoleh medali emas sehingga membanggakan NTT. (Yan/ol)