Dua Petinju NTT Menuju Uni Emirat Arab

berbagi di:
ilustrasi tinju

 

 
Simon Selly

Empat petinju junior Indoesia, dua di antaranya berasal dari NTT diberangkatkan mengikuti Kejuaraan Tinju Junior Asia di Fujaira, Uni Emirat Arab yakni Raja Muda Lani dan Dio Koebanu. Ada ula satu petinju putri, Isaelah Saweho dari Sulawesi Utara.

Pengiriman kedua petinju asal NTT dan seorang pelatih, yakni Ucok Sitompul, sempat terkendala dana. Namun setelah dilaporkan kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Gubernur mendukung pengiriman petinju junior ke Uni Emirat Arab.

Raja Muda Lani kelahiran Kupang 15 April 2003 merupakan peraih medali emas Kejurnas Yunior/youth Medan 2019, peraih medali perak Kejurnas antar PPLP di Bengkulu 2018, dan peraih medali perak pada Kejurnas Junior/Youth Jabar 2018.

Sedangkan Dio Koebanu kelahiran 17 Januari 2004 adalah peraih medali emas Kejurnas PPLP Ambon 2017, medali emas Kejurnas PPLP Bengkulu 2018, dan peraih medali emas Kejurnas Junior/Youth Medan 2019.

Ketua Umum Pengurus Pusat Pertina Irjen Pol Johni Asadoma mengatakan, pengiriman petinju junior ke kejuaraan internasional di luar negeri sangat penting untuk menyiapkan para petinju secara berjenjang agar mereka matang sampai ke tingkat senior atau elite.
Dikatakannya bahwa dalam waktu dekat PP Pertina juga akan mengirimkan petinju kategori youth ke Kejuaraan Asia Youth di Ulanbatoor, Mongolia. (mg-22/R-4)