Dua Puskesmas di Manggarai Barat belum Miliki Dokter Umum

berbagi di:
img-20201125-wa0031

Yohanes Johan
Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Manggarai Barat

 

 

 

Gerasimos Satria

 

 
SEDIKITNYA, dua puskesmas rawat jalan di wilayah Kabupaten Manggarai Barat belum memiliki dokter umum.Padahal Idealnya setiap puskesmas harus memiliki dokter umum dan dokter gigi.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat,Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat,Yohanes Johan,Rabu (25/11) mengatakan dari 21 puskesmas di Kabupaten Manggarai Barat,2 puskesmas belum memiliki dokter umum.Kedua puskesmas yang belum memiliki dokter itu yakni,Puskesmas Waning di Kecamatan Ndoso dan Puskesmas Rego di Kecamatan Macang Pacar.

Dia mengaku idealnya seharusnya setiap puskesmas wajib memiliki dokter.Dokter umum nantinya akan melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berada di masing-masing desa.
“Puskesmas yang tidak memiliki dokter umum,terpaksa yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masayarakat adalah perawat dan bidan,”kata Yohanes Johan.

Terkait kekosongan dokter umum pada 2 puskesmas rawat jalan itu,Yohanes Johan mengaku sudah mengusulkan kepada Bupati Manggarai Barat untuk pengangkatan honor daerah tenaga dokter umum tahun 2021untuk ditempatkan di Puskesmas Rebo dan Puskesmas Warning.Dirinya sangat berharap ada dokter umum yang ingin melamar menjadi tenaga honor daerah untuk ditempatkan pada Dua puskesmas rawat jalan itu.

“Kita berharap tahun 2021 seluruh puskesmas di Manggarai Barat sudah memiliki dokter umum,”harap Yohanes Johan. (Yan/ol)