Dua Wisatawan asal Jakarta Positif Covid-19, Wisatawan Malaysia Reaktif

berbagi di:
img-20200930-wa0017

Yohanes Johan
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan,Dinas Kesehatan Manggarai Barat

Gerasimos Satria

DUA wisatawan asal Jakarta yang mengunjungi destinasi wisata di Labuan Bajo positif Covid-19. Saat ini Keduanya sedang dirawat di rumah karantina milik Pemkab Manggarai Barat.

Demikian penjelasan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat,Yohanes Johan, Rabu (30/9).

Jumlah pasien kasus Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat mencapai 61 orang. Dari jumlah itu, 14 orang masih dirawat, 47 orang sudah sembuh dan kembali ke rumah.

Selain itu, kata dia, wisatawan yang mengunjungi Destinasi Wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat yang berasal dari Negara Malaysia reaktif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan 19 September 2020 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo.

Wisatawan berkebangsaan Malaysia yang mengunjungi destinasi wisata di Labuan Bajo melakukan rapid test secara mandiri dengan hasil reaktif Rapid test Covid-19. Saat ini wisatawan yang berusia 40 tahun itu sedang diisolasi mandiri di Rumah Karantina Milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat.

Yohanes Johan mengaku wisatawan Asal Malaysia melakukan aksi protes lantaran diisolasi mandiri di Rumah Karantina sejak 19 September 2020. Wisatawan Malaysia juga protes karena takut dengan masa berlaku Paspornya sudah selesai.

“Wisatawan yang reaktif Covid-19 ditolak oleh pihak hotel di Labuan Bajo.Kita ingin wisatawan sembuh baru bisa kembali ke negara asalnya,”kata Yohanes Johan.

Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat,Paulus Mami mengaku untuk menekan angka positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat,pihaknya akan mendorong tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Komodo dan Puskesmas untuk mengoptimalkan kerja memutus mata rantai Covid-19.

“Kita minta masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan.Bagi masyarakat yang masuk dan keluar Manggarai Barat wajib melaksanakan Rapid tes,”tegas Paul Mami. (Yan/ol)