Dukung Pembangunan, PANRB Terbitkan Peraturan Mananejemen ASN

berbagi di:

 

 

 

Megi Fobia

Pada awal tahun 2020, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menerbitkan Peraturan Menteri PANRB No. 3/2020 tentang manajemen talenta Aparatur Sipil Negara (ASN).

Regulasi itu mendukung ASN yang memiliki performa dan kompetensi tinggi agar terus dikembangkan, sehingga mendukung pembangunan nasional.

Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten TTS, Linda Fobia kepada VN di ruang kerjanya, Kamis (19/11).

Linda mengatakan, manajemen talenta ASN dilaksanakan berdasarkan sistem merit yang mempertimbangkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja mulai dari perencanaan ASN, pengembangan kompetensi dan karier, hingga kompensasi.

Dengan adanya regulasi tersebut, maka instansi pemerintah telah memiliki dasar hukum dalam menerapkan manajemen talenta ASN di instansi masing-masing dan kedepannya diharapkan dapat diintegrasikan untuk mendorong pencapaian strategi pembangunan nasional.

Dalam penerapan manajemen talenta ASN, Linda menjelaskan, jabatan kritikal (critical job)/jabatan strategis sangat penting untuk dibangun. Jabatan kritikal merupakan jabatan inti dalam organisasi, baik jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrasi, dan jabatan fungsional, yang posisinya strategis dan berkaitan langsung dengan prioritas pembangunan nasional maupun daerah.

Dengan menetapkan jabatan kritikal diharapkan tujuan organisasi dan prioritas pembangunan nasional bisa tercapai.

Ruang lingkup manajemen talenta ASN mencakup tingkat nasional dan instansi.

Dalam pelaksanaannya, manajemen talenta instansi dan nasional meliputi tahapan akuisisi, pengembangan, retensi, penempatan, serta pemantauan dan evaluasi.

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sudah bergerak dengan menerbitkan Peraturan Bupati Timor Tengah Selatan Nomor 60 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan untuk mendukung Manajemen Talenta yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Disisi lain juga sudah dilakukan sosialisasi Peraturan Bupati tentang Manajemen Talenta ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan. (bev/ol)