Disapu Gelombang Tsunami, Raja Tonga Terpaksa Dievakuasi

- Minggu, 16 Januari 2022 | 14:30 WIB
Imbas Letusan Gunung Berapi Bawah Laut, Tonga Dihantam Tsunami.(Dok.SuaraMerdeka.com/Instagram @redgeochile)
Imbas Letusan Gunung Berapi Bawah Laut, Tonga Dihantam Tsunami.(Dok.SuaraMerdeka.com/Instagram @redgeochile)

NUKU'ALOFA,VICTORY NEWS-Pesisir Pantai Tonga yang terletak di Kerajaan Tonga tersapu gelombang tsunami setinggi 1,2 meter. Peristiwa tersebut terjadi akibat letusan gunung berapi di bawah laut.

Akibat tsunami tersebut, Tupou VI, Raja Tonga terpaksa harus dievakuasi dari istana ke tempat yang lebih aman. Evakuasi dilakukan demi menjaga keselamatan sang raja.

Proses evakuasi berjalan maksimal, sebab pemerintah setempat telah memberikan peringatan dini kepada warganya terkait bencana alam tersebut.

Dikutip dari Suaramerdeka.com dengan judul "Imbas letusan gunung berapi bawah laut tonga dihantam tsunami", Gunung berapi bernama Hunga Tonga-Hunga Ha'apai berada 65 kilometer di utara Ibukota Kerajaan Tonga, Nuku’alofa di samudera Pasifik.

Baca Juga: Sampah Bau Berserakan di Pantai Warna Oesapa Kupang

Akibatnya, pesisir pantai Tonga tersapu oleh gelombang. Air pasang bahkan menerjang area pusat Ibukota Nuku'alofa.

Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai pada Sabtu, 15 Januari 2022 terjadi hanya beberapa jam setelah peringatan tsunami pada Jumat silam dicabut.

Gelombang pasang tsunami yang menerjang Tonga bahkan dilaporkan juga menghantam pesisir Jepang, Selandia Baru, Australia, hingga sebagian Amerika Serikat.

Baca Juga: Buka IBL 2022, Menpora Ingin IBL Lahirkan Atlet Terbaik Timnas Basket

Tak ada banyak kerusakan yang dilaporkan karena memang gelombang tertinggi tercatat pada angka 1,2 meter saja. Sisanya jauh di bawah, ada yang 50 sentimeter hingga 80 sentimeter saja.

Setidaknya, gelombang tsunami akibat letusan gunung berapi bawah laut tersebut memenuhi halaman rumah hingga lapangan parkir di beberapa negara yang melaporkan.

Seperti misalnya yang terjadi di Port San Luis, California. Air yang mirip banjir bandang tersebut memenuhi area parkir pelabuhan hingga menyebabkan banyak kendaraan tergenang.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Terkini

X