Vatikan Kagum dengan Pancasila Indonesia

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 13:48 WIB
Pater Markus Solo K. SVD, Official Dewan Kepausan untuk Dialog Antar Umat Beragama juga Wakil Ketua Yayasan Nostra Aetate (Putra Bali Mula)
Pater Markus Solo K. SVD, Official Dewan Kepausan untuk Dialog Antar Umat Beragama juga Wakil Ketua Yayasan Nostra Aetate (Putra Bali Mula)

KUPANG, VICTORYNEWS - Indonesia dengan beragam suku, ras dan agama membuat kagum dunia dan dipuji Vatikan sebagai negara besar yang dapat memelihara keberagaman.

Vatikan bahkan akrab dengan Pancasila sebagai idelogi Indonesia dalam dasar menjaga kemajemukan.

Kekaguman Vatikan akan Pancasila disampaikan Pater Markus Solo K. SVD, Official Dewan Kepausan untuk Dialog Antar Umat Beragama juga Wakil Ketua Yayasan Nostra Aetate, Jumat sore (28/1/2022).

Pater Markus bercerita banyak tentang pandangan Vatikan soal Indonesia dalam dialog interaktif online kerja sama IRRIKA, DPD Vox Point NTT dan Victory News dengan tema Mengenal Vatikan Lebih Dekat.

Baca Juga: Rindu Tak Tertahankan

"Bahkan di Vatikan akrab dengan Pancasila, seringkali itu disebutkan," ujarnya.

 Menurut Pater Markus, Vatikan mempunyai pemahaman positif tentang Indonesia terutama soal kerukunan antar umat bergama.

Masyarakat Indonesia dinilai mampu hidup harmonis, saling berdampingan dan damai meski berasal dari banyak perberdaan suku, ras dan agama.

"Mereka mengenal Indonesia dengan keragaman dan kemajemukannya. Istilah Pancasila adalah istilah yang sangat mereka tahu," ulangnya.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Terkini

X