Gelar Pertemuan Bilateral, Ini yang Dibahas Perdana Menteri Jepang dengan Presiden Jokowi

- Jumat, 29 April 2022 | 23:55 WIB
Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio dan Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers.  (presidenri.go.id)
Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio dan Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers. (presidenri.go.id)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio menyepakati sejumlah kerja sama dari berbagai bidang.

Kesepakatan itu dilakukan dalam bidang Ekonomi hingga kerja sama di bidang infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baru.

Kesepakatan itu dilakukan dalam kunjungan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio, pada Jumat (29/4/2022) i Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Ini Usaha Jokowi untuk Perdamaian Rusia dan Ukraina Jelang Presidensi G20

Dilansir victorynews.id dari laman resmi presidenri.go.id, dalam keterangan pers bersama usai pertemuan bilateral kedua negara, Presiden Jokowi menyebut bahwa pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Salah satunya di bidang perdagangan, kedua negara sepakat mengintensifkan negosiasi IJEPA (Indonesia Japan Economic Partnership Agreement) dan mengurangi hambatan perdagangan agar lebih menguntungkan kedua negara.

Baca Juga: Selain Tinggal Putra, Ganda Putra Indonesia Juga Pastikan Satu Tiket Final Kejuaraan Asia 2022

“Secara khusus, saya menyampaikan permintaan pembukaan akses yang luas bagi produk pertanian dan perikanan Indonesia ke pasar Jepang,” ungkapnya.

Sedangkan di bidang investasi, Presiden Jokowi menyambut baik ekspansi perusahaan otomotif Jepang seperti Toyota dan Mitsubishi yang akan menjadikan Indonesia sebagai hub otomotif untuk kawasan.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Sumber: presidenri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X