Catatan Untuk Ramos Horta Soal Hubungan Timor Leste - NTT

- Kamis, 19 Mei 2022 | 20:07 WIB
Jose Ramos Horta, terpilih sebagai Presiden Timor Leste kedua kalinya (Antonio Sampio)
Jose Ramos Horta, terpilih sebagai Presiden Timor Leste kedua kalinya (Antonio Sampio)

KUPANG, VICTORYNEWS -- Jose Ramos Horta yang memenangkan pemilihan Presiden Timor Leste periode ini dinilai merupakan sosok yang memang punya komitmen cukup kuat dengan Indonesia.

Menurut Yohanes Jimmy Nami, Dosen Fisipol Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Indonesia dan Timor Leste mempunyai pekerjaan rumah atau PR mengenai perbatasan dan perdagangan ilegal.

Baca Juga: Pemprov NTT Ingin Inkindo Bekerja Nyata di Wilayah NTT

Memang, kata dia, hubungan bilateral antar Indonesia dan Timor Leste di tangan Ramos Horta dinilai akan berada pada salah 1 level terbaik dalam aspek ekonomi dan politik.

"Sebagai negara tetangga terdekat Indonesia punya peran yang cukup strategis bagi Timor Leste," jelasnya, saat dihubungi Kamis (19/5/2022).

Misalkan saja yang berkaitan dengan rantai pasok kebutuhan pokok, pendidikan, kesehatan dan lainnya. Bagi Indonesia, Timor Leste bisa menjadi salah satu pemicu dalam meningkatkan posisinya dalam tataran regional maupun internasional.

"Bagi NTT sendiri, Timor Leste secara kultural seperti saudara," sebutnya.

Baca Juga: BNN Gandeng TP PKK Untuk Wujudkan NTT Bersih Narkoba

NTT sendiri menjadi garda terdepan Indonesia ketika berbicara tentang Timor Leste tetapi beberapa persoalan perbatasan perlu tetap ditangani dengan baik.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X