TERJADI LAGI! 4 Nelayan Nelayan Kapal Alif Jaya Asal NTT Ditangkap Australia, Ini Kronologinya

- Senin, 5 Desember 2022 | 20:33 WIB
Empat nelayan asal NTT usai disidang di Pengadilan Negeri Darwin, Australia.  (Dok. Konsulat Republik Indonesia Darwin)
Empat nelayan asal NTT usai disidang di Pengadilan Negeri Darwin, Australia. (Dok. Konsulat Republik Indonesia Darwin)

KUPANG, VICTORYNEWS-Sebanyak empat orang nelayan asal NTT yang menggunakan kapal Alif Jaya ditangkap pihak keamanan Australian Border Force (ABF), Rabu (23/11/2022) lalu.

Empat nelayan asal NTT yang ditangkap pihak keamanan Australia yakni Midung alias Dudung Lopes (36), Hasan Lamusa (22), Waldy (22) dan Sabrian Billy Nurullah alias Ger Buyung (28).

Penangkapan empat nelayan tersebut tertuang dalam surat Konsulat Republik Indonesia yang diterima diterima victorynews.id, Senin (5/12/2022) petang.

Petugas Komunikasi Konsulat Republik Indonesia di Darwin Efdi Riyanto Kariman menjelaskan pada tanggal 23 November 2022, KRI Darwin memperoleh informasi dari Australian Border Force (ABF).

Baca Juga: HUT Ke-72 Polairut, Polda NTT Ungkap 8 Kasus Penangkapan Ikan dengan Bahan Peledak

Informasi itu tentang pihak ABF telah mencegat kapal penangkap ikan Indonesia "Alif Jaya" bersama 4 ABK atau nelayan yang melakukan aktivitas illegal fishing di perairan/ZEE Australia.

"Pada saat yang sama ABF juga telah melakukan penyitaan atas hasil tangkapan, peralatan dan kapai, sesuai ketentuan yang terdapat pada Fisheries Management Act 1991," ujar Efdi.

Selanjutnya, empat ABK kemudian menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilanjutkan dengan investigasi oleh pihak ABF sebelum diproses menghadapi tuntutan hukum di pengadilan yang akan diajukan oleh pihak AFMA dalam waktu dekat.

Baca Juga: Melki Laka Lena Bantu Stimulus Perumahan Senilai Rp3,2 Miliar Untuk 160 Keluarga di Provinsi NTT

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BOM BUNUH DIRI DI MASJID! 88 Orang Tewas

Rabu, 1 Februari 2023 | 08:51 WIB

RIP! Duta Besar Indonesia untuk Italia Meninggal Dunia

Selasa, 17 Januari 2023 | 23:14 WIB
X