Editorial: Marhaban Ya Ramadhan

berbagi di:
ilustrasi-ramadhan

Menahan diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak pantas di mata Allah. Sebuah ajakan yang pas untuk kembali mencairkan situasi sosial-masyarakat, apalagi pasca Pilpres dan Pileg.

 
Ramahdan bulan suci. Momen umat Islam menyucikan diri. Peristiwa mendekatkan diri kepada Allah, Sang Maha Besar. Bulan tanpa noda. Waktu umat Allah membersihkan dosa. Momen menjauhi noda, melawan godaan-godaan.

Berpuasa adalah jalannya. Waktu umat Islam melawan godaan-godaan ragawi. Bertahan dalam rasa haus dan lapar, pertanda keteguhan fokus pada Sang Pencipta.

Ramadhan bulan bersih nan putih. Noda-noda hitam kehidupan dikikis agar layak di hadapan Sang Pencipta Kehidupan. Masa dimana umat merenung. Menoleh ke masa lalu. Melihat jejak-jejak hidup yang telah terlewati. Menemukan pengalaman jatuh dan bangun dalam hidup. Memaknai kegagalan pun keberhasilan. Bulan suci ini pun menjadi momen semua itu dipandang dalam terang berkat dan kebaikan Allah.

Ramadhan bulan agung. Masa puasa adalah masa dan peristiwa suci. Masa harapan akan dilimpahkannya rahmat Allah SWT atas umatNya. Rahmat besar setelah umat khusuk mengikis noda dan dosa-dosa. Proses pembersihan sepanjang bulan refleksi; bulan berdiam diri sembari menemukan diri untuk kembali ke jalan yang Allah kehendaki. Harapan akan menjadi manusia-manusia baru.

Bulan Ramadhan ini menjadi bulan penuh berkat dan rahmat bagi seluruh alam semesta. Kiranya seluruh umat Muslim di seluruh dunia bisa merayakan bulan suci ini dengan penuh suka cita. Suka cita dan kedamaian yang sepenuh-penuhnya.

Kedamaian tatkala tak lelah dan pantang menyerah dalam mengendalikan diri. Rasanya sangat tepat manakala MUI Pusat dan Kemenag mengajak umat Muslim pada Ramadhan kali ini untuk menahan diri.

Menahan diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak pantas di mata Allah. Sebuah ajakan yang pas untuk kembali mencairkan situasi sosial-masyarakat, apalagi pasca Pilpres dan Pileg. Tak hanya bagi umat Muslim, tetapi juga bagi umat agama lain. Selamat menunaikan ibadah puasa. Sehat selalu dan selalu di bawah perlindungan Allah SWT. Marhaban Ya Ramadhan!