Editorial: Menjaga Eksistensi

berbagi di:
1

Kami tetap meyakini bahwa media yang kredibel, independen, dengan wartawan yang berintegritas, akan tetap diandalkan publik (masyarakat) sebagai pengawas dan pengontrol semua kebijakan publik.

 

 

DelapanĀ  tahun sudah — sejak terbit perdana Kamis, 2 Februari 2012 — Harian Umum Victory News (VN) hadir di tengah-tengah pembaca Flobamora. Tercatat, 2.753 kali koran ini naik cetak dan sudah melewati tahapan paling kritis dalam bisnis media, khususnya media cetak; lima tahun pertama.

Dalam konteks bisnis, media cetak (koran) tengah masuk dalam fase turbulensi yang sangat kuat, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital. Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran internet memaksa media cetak untuk melakukan perubahan.

Perubahan dalam penyajian informasi (berita) agar lebih smart (cerdas) dalam mengupas dan mengulas tanpa meninggalkan sisi aktualitasnya. Butuh pula perubahan dalam “cita rasa” agar lebih elegan tanpa meninggalkan sisi estetika dan visi koran sendiri.

Terkait dengan itu, mulai hari ini koran VN melakukan sedikit perubahan dalam sisi tata letak (layout) maupun penyajian informasi yang mengandung unsur singkat, padat, dan berisi. Tanpa meninggalkan sisi akurasi dan balance.

Perubahan-perubahan itu, bagi kami hanyalah bagian dari upaya untuk tetap menjaga esksitensi sebagai koran yang bermoto “Jujur dan Cerdas” di tengah-tengah publik di NTT.

Media dan bisnis (uang) memang penting. Tapi bukan segalanya. Apalagi kalau uang harus ditukar dengan integritas dan martabat profesi awak media itu sendiri.

Kami tetap meyakini bahwa media yang kredibel, independen, dengan wartawan yang berintegritas, akan tetap diandalkan publik (masyarakat) sebagai pengawas dan pengontrol semua kebijakan publik.

Kami juga meyakini bahwa media yang kredibel dan terpercaya akan menjadi penyaring sekaligus penyeimbang atas jutaan informasi yang bertebaran di internet — berita bohong atau informasi palsu.

Untuk tujuan itu, kami akan berupaya sekuat tenaga menjaga integritas dan etika profesi dalam menjalankan aktivitas jurnalistik di lapangan.
Kami yakin, dengan sistem yang sudah dibangun selama delapan tahun, perubahan apa pun, tidak akan meruntuhkan spirit “Jujur dan Cerdas” yang selama ini menjadi etos dasar awak VN.

VN akan tetap pada sikap kritis konstruktif yang berorientasi pada kebenaran, keadilan, dan kepentingan orang banyak dan kaum marjinal, bisa dipastikan tidak akan hilang.

VN akan terus berada pada jalurnya sendiri yaitu menjadi koran pembawa pengaruh dan perubahan bagi Flobamora tercinta. Terima kasih kepada semua pembaca dan relasi atas dukungan dan kepercayaan selama delapan tahun ini.