Harga Minyak Goreng Tergantung Pasokan Luar NTT

- Kamis, 13 Januari 2022 | 21:35 WIB
  Harga minyak goreng di Kupang sangat bergantung pada pasokan yang datang dari produsen luar NTT. (Victory News/Putra B Mula)
Harga minyak goreng di Kupang sangat bergantung pada pasokan yang datang dari produsen luar NTT. (Victory News/Putra B Mula)

KUPANG, VICTORY NEWS - Harga minyak goreng masih menunjukkan kenaikan selama beberapa pekan belakangan. Kenaikan harga ini disebut bergantung pada pasokan yang datang dari produsen luar NTT.

Kenaikan harga ini ditelusuri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kupang dan masih naik harganya hingga pertengahan Januari ini.

Kepala Disperindag Kota Kupang, Djidja Kadiwanu, di ruang kerjanya pada Kamis (13/1/2022) mengatakan, kenaikkan tidak terjadi saja pada minyak goreng tetapi beberapa komoditi lainnya. Namun untuk minyak goreng masih terus alami kenaikan hingga saat ini yang disebut tidak signifikan.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Masih Tinggi Disperindag NTT Surati Distributor

Minyak goreng sendiri pada harga normal berkisar antara Rp 14 ribuan per liter kemudian naik hingga Rp22 ribuan per liter. Untuk ukuran dua liter berkisar antara Rp40 ribuan saat ini antara November dan Desember.

"Kenaikan harga minyak goreng juga bergantung kembali pada jenis atau merk minyak goreng yang beredar di pasaran," katanya.

Misalnya, minyak Bimoli yang umumnya dominan dikonsumsi warga Kota Kupang. Saat ini Bimoli di pasaran ada pada kisaran harga Rp22 ribu hingga Rp24 ribuan setelah dilepas dari distributor atau menjadi harga pasar saat ini.

Baca Juga: Oknum Polisi Setubuhi Anak Bawah Umur, Nasibnya Tergantung Palu Hakim

Pihaknya menemukan kenaikan harga ini juga saat Tim Pengendali Inflasi Daerah atau TPID termasuk bersama Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, turut memantau harga komoditi di pasar-pasar Kota Kupang. Naiknya harga minyak memang ditemukan Desember itu.

"Termasuk dengan lombok naik tetapi bawang merah dan bawang putih tidak terlalu naik," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

Punya Tabungan Rp 14 Juta Per Tahun, Ini Caranya

Sabtu, 25 Juni 2022 | 21:43 WIB

Bank NTT Tawarkan Program KKB dan Digital Loan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 17:48 WIB

Pengawasan Ketahanan Pangan Utamakan Pencegahan

Kamis, 23 Juni 2022 | 22:51 WIB
X